Penabekasi.id - Bekasi Pagi ini, Fly Over Rawa Panjang dan Fly Over Cipendawa resmi dibuka untuk umum, dalam hal guna untuk mengurangi 19 titik macet di kota Bekasi.

Hadir dalam acara ini Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan yang di temani oleh Wali Kota Bekasi Dr H Rahmat Effendi.

Acara yang di hadiri juga oleh Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombe Pol Wijanarko, Dandim 0506 Bekasi, Kolonel Inf Rama Pratama, Kepala Pengadilan Negeri Bekasi, Kepala Kejaksaan Negeri Bekasi, Kepala BPN Bekasi dan Ketua Komisi 2 DPRD Kota Bekasi, Arief Rahman serta Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Reny Hendrawaty berlangsung lancar.

Dalam rangka meningkatkan sarana perhubungan darat sesuai dengan pertumbuhan arus lalu lintas dan meningkatkan tingkat perekonomian 
masyarakat, dimana kondisi Simpang Rawapanjang dan titik macet di Cipendawa perlu segera ditingkatkan.

Mengingat peningkatan volume angkutan darat setiap tahunnya meningkat ,sehingga Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air segera 
melaksanakan Pembangunan kedua fly over simpang rawa panjang dan Cipendawa, dalam bentuk Anggaran Bantuan DKI tahun anggaran 2017 dan 2019 yang dikerjakan pada tahun 2017, 2018 dan 2019.


Untuk Fly over simpang Rawa Panjang tersebut merupakan jembatan penghubung antara Jalan Ahmad Yani dan Jalan Siliwangi, dan untuk Fly Over Cipendawa merupakan jembatan penghubung untuk memperlancar arus lalu lintas dari dan menuju Kota Bekasi serta daerah lainnya antara lain untuk : jalur pembuangan sampah ke TPA Bantar Gebang , jalur transportasi container, jalur kendaraan angkutan berat untuk kebutuhan pabrik-pabrik di sekitarnya dan kendaraan kecil lainnya.

Maka dengan adanya pekerjaan pembangunan Flyover ini akan berdampak sangat positif dimana masyarakat yang melintasi flyover tersebut aman, lalu lintas semakin meningkat dan roda perekonomian semakin lancar.


Wali Kota Bekasi dalam sambutannya mengatakan permintaan maaf atas ketidak hadiran dari Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil karena harus mendampingi tamu besar di Provinsi Jawa Barat, begitu juga dengan ketidak hadiran dari Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto yang mengikuti Tour Lemhamnas.

Pada 2 tahun yang lalu, DKI Jakarta juga memberikan bantuan untuk perluasan jalan Jatiasih dan Komsen untuk lancarnya keluar masuk truk sampah DKI Jakarta yang ingin membuang sampah ke TPST Bantar Gebang, ditambah sekarang pada tahun 2020 ini yang baru saja diresmikan Fly Over atas bantuan dari DKI Jakarta juga.


"Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang telah di berikan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dengan ini Kota Bekasi bisa mengurangi 3 titik macet dari 19 titik." Ujar Wali Kota.


Wali Kota mengatakan mengenai Aset ini tidak diserahkan di Kota Bekasi, karena sesuai prosedural kita ini berada di Provinsi Jawa Barat, maka kita serahkan ke Gubernur Jawa Barat, akan tetapi kita juga patut berterima kasih banyak atas kemitraan yang kita miliki dengan DKI Jakarta untuk pemberian akses ini.


Selain itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga memberikan apresiasi atas pembangunan yang sangat cepat dengan kedua fly over ini, bentuk kemitraan diluar dari Kota penyangga di DKI yang kebetulan bersebelahan meskipun beda Provinsi, akan tetapi ini adalah bentuk kerja sama yang sangat luar biasa.

Anies mengatakan flyover ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya warga Kota Bekasi.

"Kegiatan pembangunan flyover simpang Cipendawa dan Rawapanjang kami dukung penuh dan ini akan dirasakan masyarakat luas di Bekasi maupun luar Bekasi, tugas Saya maupun pak wali adalah pelayan masyarakat, hanya perbedaannya memiliki batas administrasi, yang dilayani adalah warga negara Indonesia," kata Anies.

Dia juga mengatakan, pembangunan dua flyover ini, merupakan wujud dari semangat kerja bersama antara Kota Bekasi dan Provinsi DKI Jakarta. 

"Semangatnya kerja bersama, antara kami berdua, sama- sama saling menyangga dan untuk melayani warga," kata Anies Baswedan. (Der)