Penabekasi.id - Bekasi, Program Pilot Project Bina Desa (HMI Mengabdi) resmi digelar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Ubhara Jaya Cabang Bekasi di Kampung Muara Pecah, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi.

Program Pilot Project Bina Desa  ini digelar selama 3 hari, yakni pada tanggal 1 Desember sampai 3 Desember 2023 diikuti lebih dari 30 panitia. Diawali dengan Opening Ceremony di Aula Koni Kota Bekasi yang turut dihadiri oleh Sekjend IKA Ubhara Jaya (Maizal Alfian, S.T., M. Ap), Kepala Dispora Kota Bekasi (Drs. Ahmad Zarkasih), Ketua KNPI Kota Bekasi (Mardani Ahmad, S.I.P., M.I.Pol) dan Ketua Bidang PTKP HMI Cabang Bekasi (Achmad Rafly, S.I.P). Pada Jum'at 01 Desember 2023

Pengabdian HMI Komisariat Ubhara Jaya ini merupakan program kerja unggulan dikepengurusan Komisariat periode 2022-2023, pengabdian kepada anak-anak pesisir dan masyarakat  ini baru pertama kali di lakukan oleh HMI Komisariat Ubhara Jaya, sebagai Pilot Project awal yang nantinya bisa dilakukan secara sustainable ke desa desa berikutnya yang ada di Kota dan Kabupaten Bekasi, kita fokuskan dahulu di wilayah Bekasi dalam Program Bina Desa ini dan bisa dilanjutkan oleh generasi HMI Komisariat Ubhara Jaya Berikutnya. kata Afwan Setiawan - Ketua Umum HMI Komisariat Ubhara Jaya 

Selain sebagai bentuk perwujudan Tri Dharma perguruan tinggi, kegiatan ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan kepedulian mahasiswa yang tergabung di HMI Komisariat Ubhara Jaya  kepada anak-anak nelayan wilayah pesisir yang berlokasi di kampung muara pecah.

Sebagaiman yang selaras dengan pasal 4 tujuan HMI yaitu Terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi, yang bernafaskan Islam, dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang di ridhoi Allah SWT.

Ketua Umum HMI Komisariat Ubhara Jaya  Afwan Setiawan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini, baik dari pihak, Seluruh Kader HMI Komisariat Ubhara Jaya, Dosen Kampus Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Senior Alumni HMI Komisariat Ubhara Jaya, HMI Cabang Bekasi, Senior MD Kahmi Kota dan Kabupaten Bekasi, maupun donasi dari hamba Allah yang telah memberikan sumbangsih penuh pada program Bina Desa ini.

"Alhamdulillah, kegiatan yang telah berjalan lancar selama tiga hari ini di mulai dari tanggal 1-3 Desember 2023" ungkapnya. 

Dengan rangkaian pengabdian berupa pengajaran, pemantapan baca, pemantapan huruf abjad latin, bermain dan games psikomotorik anak, serta pembagian hadiah kepada anak-anak berjalan dengan lancar di SDN Pantai Bahagia 03 dan juga dirumah warga disaat sekolah libur. Agenda penelitian dan sosialisasi ke warga masyarakat kampung muara pecah juga dilakukan oleh HMI Komisariat Ubhara Jaya, ada beberapa point yang menjadi Aspirasi masyarakat yang masih menjadi harapan warga setempat, yakni perihal akses jalan, penerangan jalan, normalisasi muara,  pendidikan, dan ekonomi, yang dimana mata pencaharian masyarakat kampung muara pecah adalah nelayan, dan kendala Nelayan antara lain, adanya limbah dari aliran sungai.

Selama tiga hari melaksanakan pengabdian di Kampung Muara Pecah, HMI Komisariat Ubhara Jaya menutup kegiatan dengan mengadakan Closing Ceremony di Aula Kantor Kecamatan Muara Gembong, dengan mengusung tema "Mari Kibarkan Panji Hijau Hitam di dalam Kalbu Rakyat Bekasi." yang dihadiri oleh Kepala Seksi Pemerintah Kecamatan Muara Gembong, dan Kepala Bidang PTKP HMI Cabang Bekasi.

Dalam Sesi diskusi penyampaian aspirasi masyarakat di agenda Closing Ceremony, Kasi Pemerintahan Kecamatan Muaragembong mengatakan "Kp. Muara Pecah belum masuk jalan kabupaten (keuangan adanya di dana desa), Dikecamatan muara gembong bukan lambat pembangunan, tetapi karena kewenangan", ujar Hasan Basri - Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Muaragembong.

Harapan kami pasca dari giat Bina Desa di Kampung nuara pecah ini, bisa menjadikan kampung muara pecah mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah baik tingkat Provinsi Kabupaten. Tutup Afwan Setiawan (Ketua Umum HMI Komisariat Ubhara Jaya).
(Nik)