Penabekasi.id - Bekasi, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bekasi Utara menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Pendopo Kecamatan Bekasi Utara, pada Kamis (16/11/2023).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Camat Bekasi Utara, Panwascam Bekasi Utara, Kapolsek Bekasi utara, Danramil 703 Teluk Pucung, Anggota KPU Kota Bekasi,  PPS Se-kecamatan Bekasi Utara dan ketua atau perwakilan pengurus partai politik, serta Karang Taruna

Camat Bekasi Utara Sumpono Brahma S.Stp, M.Si menyampaikan, Deklarasi Pemilu Damai ini merupakan komitmen kolektif lintas sektoral dalam menjaga stabilitas keamanan pada Pemilu 2024 agar berjalan aman, lancar, kondusif dan demokratis. 

"Mewujudkan Pemilu yang aman, tertib, damai, sejuk dan bermartabat tidak semata-mata merupakan tugas Kepolisian saja. Melainkan, perlu kerjasama dan keterlibatan berbagai pihak, sehingga kami berharap agar kita saling mendukung dan menyukseskan Pemilu 2024," ujarnya.
Ketua Panwascam Bekasi Utara Mahda Sofyan menjelaskan, "Kami Menghimbau kepada para peserta agar menahaan diri untuk kampanye karena kampanye baru diperbolehkan pada tanggal 28 November, Upaya yang telah kami laksanakan agar di tanggal 14 Februari 2024 nanti, jumlah partisipasi pemilih khusus di Kecamatan Bekasi Utara dapat meningkat lebih baik dari pada Pemilu sebelumnya," jelasnya.

Menjelang kontestasi Pemilu, Mahda Sofyan meminta para pengurus partai agar senantiasa menaati segala peraturan perundangan yang berlaku. Pihaknya juga mengimbau masyarakat jangan sampai terjebak isu isu hoaks politik yang menggangu ketentraman masyarakat.

Ketua PPK Bekasi Utara Niki Gumay mengungkapkan Dengan adanya Deklarasi Pemilu Damai, diharapkan mampu menciptakan iklim politik dan demokrasi yang kondusif pada seluruh proses tahapan Pemilu di tahun 2024. Sehingga dapat menciptakan Pemilu yang sejuk dan berintegritas.

"Harapan besar kami di Pemilu tahun 2024 nanti, semua tahapan bisa dilewati dengan baik dan juga masyarakat dapat memilih sesuai dengan hati nuraninya masing-masing. Yang terpenting bisa berjalan damai, aman, tertib dan berintegritas," tandasnya.
Adapun Poin isi deklarasi Pemilu Damai 2024 yang dibacakan Seluruh penyelenggara dan peserta deklarasi damai adalah sebagai berikut :

1. Siap mengikuti Pemilu 2024 secara jujur, adil, santun, dan bermartabat.
2. Siap bekerja sama dengan penyelenggara dan pengawas Pemilu 2024, untuk tidak mengangkat isu-isu yang berbau sara, berita hoaks, dan provokasi.
3. Siap bekerja sama dengan aparat Polri dan TNI, untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, aman dan damai pada pelaksanaan Pemilu 2024 di Bekasi Utara.
4.Siap menolak politik identitas yang mengarah kepada ujaran kebencian.

(Red)