Penabekasi.id - Bekasi, Ketua KPU Hasyim Asy'ari resmi melantik anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota di 9 provinsi periode 2023-2028. Mereka akan langsung menghadapi masa orientasi usai pelantikan.

Dilihat dari halaman YouTube KPU RI Senin (30/10/2023), pelantikan itu dilakukan di halaman kantor KPU, Jakarta Pusat. Terlihat jejeran komisioner KPU, Perwakilan dari Bawaslu dan DKPP turut hadir dalam pelantikan itu.

Dalam hal ini KPU Kota Bekasi kini sudah terisi komisioner yang baru yaitu
1. Ahmad Edwin Solihin
2. Afif Fauzi 
3. Ali Syaifa
4. Elly Ratnasari
5. Faris Ismuamir

dua diantara lima tersebut, menjabat kembali di KPU Kota Bekasi yaitu Ali syaifa dan Ahmad Edwin. Tiga anggota yang menjadi rekan di KPU Kota Bekasi yaitu Elly Ratnasari, Afif Fauzi dan Faris Ismuamir untuk menjadi komisioner KPU Kota Bekasi pada periode 2023 - 2028 

Ketua KPU RI Hasyim mengatakan, setelah para peserta itu dilantik mereka akan mengikuti masa orientasi. Sebab, penetapan calon tetap anggota legislatif akan segera dilakukan.

Dalam pidato ketua KPU RI mengatakan "Biasanya setelah pelantikan begini segera diikuti dengan orientasi tugas. Karena kita sama-sama tahu nanti pada 3 November 2023 kita sama-sama KPU pusat KPU provinsi kabupaten kota melakukan kegiatan yaitu apa, penetapan daftar calon tetap anggota DPR RI DPD DPRD Provinsi dan kabupaten kota," 

Hasyim pun menuturkan, mereka yang sudah dilantik akan segera melakukan rapat koordinasi (rakor). Nantinya, dalam rapat tersebut akan membahas desain surat suara yang akan digunakan dalam pemilu 2024 mendatang.

"Kami laporkan teman-teman kab/kota yang dilantik barusan, tanpa harus menunggu bilangan hari tapi nanti malam sebagian besar mengikuti rakor untuk pencermatan daftar calon tetap, persiapan daftar calon tetap keperluan untuk desain surat suara," imbuhnya.

"Dari ketua dan divisi teknis dalam rakor dan kemudian Hardcopy dibawa pulang untuk dikordinasikan dan minta approval persetujuan pimpinan parpol. Tapi nanti malam sudah mulai bekerja harus cermat teliti hati-hati. insyaallah mulai 10 November, surat suara mulai dicetak dan didistribusikan ke 2749 daerah," pungkasnya
(Red)