Penabekasi.id - Bekasi, Meriahkan HUT Ke-26 Kota Bekasi,  HMI Komisariat Ubhara Jaya Cabang Bekasi Gelar Kegiatan Diskusi Sejarah Bekasi Di Tugu Perjuangan Rakyat Bekasi, (Area Gor Kota Bekasi

HMI Komisariat Ubhara Jaya Cabang Bekasi Periode 2022-2023  mengadakan kegiatan Diskusi Sejarah Bekasi di Tugu Perjuangan Rakyat Bekasi (Area Gor Kota Bekasi), Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi pada Minggu, (12/03/2023) siang
.
Ketua Umum HMI Komisariat Ubhara Jaya Cabang Bekasi Afwan Setiawan mengatakan bahwa kegiatan ini untuk refleksi teman-teman HMI dan masyarakat untuk mengingat akan spirit perjuangan pahlawan yang telah memperjuangankan kemerdekaan indonesia khususnya di Wilayah Bekasi, agar pemuda dan mahasiswa saat ini sebagai generasi penerus bangsa harus bisa meneruskan arah juangnya dalam berkehidupan bermasyarakat demi terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT, kegiatan  yang telah direncanakan dalam rangka memperingati HUT Ke-26 Kota Bekasi.

"Maka perlu adanya suatu kegiatan diskusi sejarah bekasi akan peran pemuda dari masa kemasa hingga di era disrupsi saat ini agar bisa berkembang dan memiliki arah juang baru yang visioner," ujar Afwan Setiawan selaku Ketua Umum HMI Komisariat Ubhara Jaya Cabang Bekasi

Kegiatan Diskusi Sejarah Bekasi diselenggarakan dengan tema; "Refleksi HUT Ke-26 Kota Bekasi, Arah Juang Pemuda & Mahasiswa Bekasi dari Era Perang Revolusi sampai saat ini". Adapun tujuannya untuk mengambil hikmah dan pembelajaran dari sejarah yang ada, semangat pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan agar juga bisa diterapkan oleh Pemuda dan Mahasiswa pada era disrupsi saat ini. 

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Penggagas HMI Komisariat Ubhara Jaya dan Mantan Presiden Mahasiswa BEM Ubhara Jaya 2010-2012, Maizal Alfian, ST. M.Ap sebagai Keynote Speech, dihadiri juga oleh Penulis Buku Sejarah Bekasi, Endra Kusnawan sebagai Narasumber, dan juga dihadiri oleh Panit Intel Polsek Bekasi Selatan, Aipda Joko Udin S, serta Kader HMI, KOHATI, dan Masyarakat Bekasi.

Endra Kusnawan selaku Narasumber mengatakan, “Belajar dari sejarah, Apa yang bisa kita ambil dari sejarah yaitu spiritnya sejauh mana hikmah yang bisa kita ambil dari sejarah. Teman-teman dalam melihat sejarah fokusnya terhadap hikmahnya ucap Endra Kusnawan.

Selain itu kegiatan ini juga memberikan manfaat untuk para pemuda agar memiliki arah semangat juang yang baru pada saat ini yang dimana bisa menarik dari sejarah era Perang Revolusi yang dimana pada masa itu kaum pemuda sangat semangat merebut kemerdekaan Indonesia.
Masyarakat dan Mahasiswa menyambut baik kegiatan yang di lakukan HMI Komisariat Ubhara Jaya dalam melakukan kegiatan diskusi sejarah bekasi ini.

Maizal Alfian mengatakan “Diskusi hari ini, agar rekan-rekan HMI Komisariat Ubhara Jaya Cabang Bekasi bisa mengetahui dan memahami Sejarah Bekasi (Kota dan Kabupaten) sebagai rasa kepedulian Mahasiswa dan Pemuda Bekasi terhadap sejarah para pejuang masa lalu. Dengan berbagai data dan pengalaman Narasumber hari ini, kita semua bisa lebih menghormati tempat tinggal kita saat ini hingga kita bisa membuat kota ini tetap berkelanjutan dalam pembangunan tanpa meninggalkan sejarah masa lalu.” Ucap Maizal Alfian,ST.M.Ap.

“saya tidak mengharapkan teman teman suka sama sejarah, jangan fokus ke data kepada nama dan angka tahun tapi fokuslah kepada apa yang bisa diambil dari sejarah. Jangan beromantisme historis, kita harus bisa ambil pembelajaran dari masa lalu untuk masa depan, romantisme historis akan melenakan, maka kita harus ambil spirit perjuangannya” Tutup Endra Kusnawan pada saat sesi diskusi pada Kegiatan Diskusi Sejarah Bekasi. (Red)