Penabekasi.id - Jakarta, 23 November 2022 – Pembinaan usia muda merupakan salah satu kunci kemajuan sepak bola untuk regenarasi pemain dan melahirkan tim nasional yang hebat. Berkaca pada negara-negara di Eropa yang berjaya di dunia sepak bola memiliki tradisi sepak bola yang matang dan sukses menerapkan pembinaan usia muda. Pencapaian tersebut tidak luput dari dukungan negara, mulai kompetisi sepak bola usia dini dan fasilitas kelas satu untuk bakat-bakat pesepakbola usia muda.

Berangkat dari hal tersebut, INAFootball, perusahaan yang bergerak di bidang sports travel dan pengembangan sepak bola usia muda Indonesia kembali menggelar INAFootball Seven Soccer Festival setelah lebih dari 2 tahun vakum karena pandemi. Seven Soccer Festival merupakan program turnamen sepak bola usia muda tujuh lawan tujuh atau 7 a side (7v7) yang diadakan dalam skala regional dan nasional untuk 3 kategori usia yaitu U-10, U-12, dan U-14. Turnamen ini akan diikuti oleh tim sepak bola muda dari penjuru Nusantara di 20 regional dengan total 1200 tim.

“Berawal dari komitmen untuk turut memajukan dan mengembangkan dunia sepak bola Indonesia, INAFootball menggelar INAFootball Seven Soccer Festival untuk mendukung tunas-tunas muda dan melahirkan pesepakbola handal yang dapat mengharumkan nama bangsa di masa mendatang,” papar President Director INAFootball, Herman Yunus

INAFootball Seven Soccer Festival diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam Percepatan Pembangunan Sepakbola Nasional yang tertuang dalam Inpres No. 3 tahun 2019, yaitu sebagai wadah untuk latih tanding level Nasional dan Internasional bagi pesepakbola usia muda di Indonesia.

“INAFootball mempunyai visi dan misi mengembangkan sepak bola sejak usia dini, karena itu kami membuka kesempatan dan memberikan pengalaman bagi tim sepak bola usia muda dari seluruh penjuru Nusantara untuk dapat ikut serta dalam suatu ajang turnamen, baik nasional maupun internasional di berbagai belahan dunia,” tambah Herman.
INAFootball Seven Soccer Festival akan diselenggarakan di 20 regional di Indonesia yaitu Bekasi, Bogor, Malang, Surabaya, Kediri, Depok, Padang, Palembang, Tasikmalaya, Lampung, Riau, Makassar, Bandung, Bandung Barat, Jember, Banten, Purwakarta, Jogja, Solo dan DKI Jakarta. Turnamen ini akan dimulai dari bulan November 2022 hingga bulan Maret 2023. Pemenang pertandingan masing-masing kategori usia dari setiap regional akan dikirim ke pertandingan final di Jakarta, lalu tim yang menang berkesempatan untuk ikut kompetisi sepak bola di ajang Internasional. 

Ketua Penyelenggara INAFootball Seven Soccer Festival, Mohammad Ilyas Reyhan, memaparkan bahwa INAFootball Seven Soccer Festival digelar untuk memberikan pengalaman bagi pesepakbola muda mengikuti kompetisi, untuk itu semua tim yang bertanding di Jakarta, baik yang menang maupun kalah akan mendapakan medali, piagam, dan sertifikat. Selain itu, sebuah kompetisi usia muda dapat membangun karakter dan memupuk motivasi agar tidak mudah menyerah, serta dapat menumbuhkan benih-benih daya juang pemain hebat.

“Melihat dari kesuksesan Jakarta Seven Soccer 2019 lalu, sebanyak 36 tim yang berasal dari 4 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura dan Vietnam telah berani menerima tantangan dan menjalani persaingan ketat melawan tim antar negara untuk menjadi yang terbaik. Hal tersebut menjadi daya tarik program INAFootball Seven Soccer Festival yang akan digelar mulai dari skala regional dan akan berakhir dalam kompetisi Internasional,” tutup Reyhan.
(NIK)