Penabekasi.id - Kabupaten kepulauan Seribu, Himpunan Mahasiswa Kepulauan Seribu ( HMKS ), melakukan Observasi Pengembangan Metode Budidaya Rumput Laut. Pengembangan yang di lakukan di Pulau Tidung, Kec. Kep. Seribu Selatan, Pada hari Jum'at, 11 November 2022.

budidaya rumput laut ini adalah sebuah inovasi baru yang mungkin dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kepulauan seribu yang ingin melakukan Budidaya Rumput Laut.

Aspriyudin, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Kepulauan Seribu ( HMKS ) mengatakan bahwa, "Observasi Pengembangan Metode Budidaya Rumput Laut diharapkan dapat memberikan solusi terhadap Metode lama Budidaya Rumput Laut yang memiliki dampak cepat rusak serta Proses pemanenan yang kurang maksimal."

HMKS pada penelitian ini melakukan Inovasi Metode baru yaitu menggunakan Paralon, dibentuk persegi panjang dan dibungkus jaring waring guna mendapat hasil yang sangat maksimal.

metode lama budidaya rumput laut

metode baru untuk budidaya rumput laut

Diadakannya Metode penelitian ini karena rumput laut memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi dalam meningkatkan ekonomi lokal masyarakat setempat serta memiliki banyak manfaat dan ada lebih dari 500 jenis produk turunan rumput laut, bukan hanya bisa dijadikan makanan ataupun minuman bahkan rumput laut bisa juga menjadi prodak akhir Farmasi, kosmetik, sampai pada tissue.

Tentu kegiatan ini sangat positif dan diharapkan dari adanya Observasi Pengembangan Metode Budidaya Rumput Laut dapat meningkatkan kembali minat masyarakat setempat serta dapat melahirkan wirausahawan muda yang ingin Melakukan Usaha di bidang Budidaya Rumput Laut.
Aspriyudin juga menambahkan, "Terlaksana kegiatan ini tidak terlepas adanya Support dan Dukungan yang di berikan oleh abangda Rangga Derana Niode Ketua Umum BPC HIPMI Kep. Seribu." tutup Haspri
(NIK)