PENABEKASI.ID - BEKASI, Doctor Strange in the Multiverse of Madness meraup pendapatan box office global hingga US$265 juta atau sekitar Rp3,8 triliun pada pekan pertama. Hasil akhir pekan perdana tersebut merupakan yang terbesar kedua selama pandemi, tepat di bawah Spider-Man: No Way Home (2021).

Berdasarkan laporan Variety pada Minggu 8 Mei 2022 waktu AS, Doctor Strange 2 mencatat pendapatan hingga US$185 juta atau sekitar Rp2,6 triliun (US$1= Rp14.498) di pasar domestik Amerika Utara.

di lansir dari cnnindonesia.com, Rekor ini menempatkan Doctor Strange 2 sebagai film dengan pendapatan akhir pekan perdana terbesar keempat untuk film Marvel Cinematic Universe (MCU). Film garapan Sam Raimi itu berada di bawah Avengers: Endgame (2019), Avengers: Infinity War (2018), dan Spider-Man: No Way Home (2021).
Di luar MCU, Disney memperkirakan pendapatan Doctor Strange 2 pada akhir pekan pertama menempati peringkat enam terbesar dalam sejarah.

Selain itu, Doctor Strange in the Multiverse of Madness juga diputar di 49 pasar luar negeri. Angka penghasilan yang tinggi didapat dari sejumlah negara, seperti Korea dengan US$30 juta, Inggris dengan US$24,7 juta, hingga Meksiko dengan US$21,5 juta.

Kemudian Brasil mencatat pendapatan akhir pekan sebesar US$16,3 juta, diikuti India dengan US$12,7 juta, Australia dengan US$12,6 juta, serta Jerman dengan US$12 juta. Namun, Doctor Strange 2 dipastikan tidak tayang di China dan Rusia yang merupakan pasar utama film MCU.

Angka pendapatan itu membuat Doctor Strange 2 sukses menguasai box office global pada akhir pekan ini. Sedangkan, Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore hanya mengoleksi US$10,8 juta dari 74 pasar selama pekan ini.

Film animasi The Bad Guys juga tak jauh berbeda, mencatat pendapatan US$7,1 juta dari total 64 pasar. Sementara itu, Downton Abbey: A New Era hanya mengoleksi US$6,5 juta dari 42 wilayah.

Capaian Doctor Strange in the Multiverse of Madness juga diprediksi bakal terus bertambah. Variety melaporkan penghitungan global Doctor Strange 2 diprediksi mencapai US$450 juta atau setara dengan Rp6,5 triliun.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness merupakan saga kedua Doctor Strange (2016) dan akan mengambil latar waktu setelah Spider-Man: No Way Home, WandaVision, dan Loki.

Benedict Cumberbatch kembali membintangi film ini sebagai Doctor Strange, bersama dengan Benedict Wong sebagai Wong, Rachel McAdams sebagai Christine Palmer, dan Chiwetel Ejiofor sebagai Karl Mordo.

Selain itu, sekuel Doctor Strange (2016) ini juga menampilkan Elizabeth Olsen sebagai Wanda/Scarlet Witch dan Xochitl Gomez sebagai America Chavez.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness hingga saat ini masih tayang di bioskop seluruh Indonesia. (zan)