PENABEKASI.ID - BEKASI,  Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha KAHMI (BPD HIPKA) Kota dan Kabupaten Bekasi melaksanakan pelantikan dan rapat kerja pada Minggu (27/02/22) di Gedung Graha Pariwisata Kabupaten Bekasi.

Posesi pelantikan yang banyak menghadirkan orang-orang yang sudah sukses dalam bidang usaha sehingga dapat memberikan semangat dan motivasi bagi para calon-calon pengusaha baru nantinya.

Selain pengurus BPD HIPKA KAHMI Bekasi yang di pimpin Dr. Son Haji, Kegiatan ini juga dihadiri Ir. Bambang Santosa yang mewakili Plt. Walikota Bekasi, Muhammad Said yang mewakili Plt. Bupati Bekasi, Yaya Ropandi penasehat BPD HIPKA Bekasi yang juga mantan wakil ketua kadin kabupaten Bekasi, Ketua BPW HIPKA Jawa Barat Kurnia Alfarizy, KADIN Kota dan Kabupaten Bekasi, Budiman Ketua MD KAHMI Bekasi, juga di hadiri pula Khaqim Nurjawahir Ketua umum HMI cabang Bekasi.

Yaya Ropandi menyampaikan selayang pandang terbentuknya BPD HIPKA KAHMi Bekasi yang dimana berawal dari kesadaran bahwasannya selama ini KAHMI membiarkan adik-adiknya di HMI hanya mengkaji ke dunia politik saja dan tidak mengkaji ke dunia usaha.

"Salah satu alasan kenapa HIPKA ini terbentuk di Bekasi adalah untuk lebih mengarahkan adik-adik HMI untuk sadar dalam berwirausaha, tidak banyak mengkaji persoalan-persoalan politik saja, itupun menjadi kelemahan KAHMI saat ini yang membiarkan selama ini adik-adiknya hanya mengkaji dunia politik dan meninggalkan dunia usaha, harusnya mereka lebih terbuka lagi dalam dunia usaha karena kita berapa di wilayah industri terbesar di Asia tenggara" pungkas Yaya Ropandi 
Banyak harapan yang muncul dari kegiatan pelantikan dan raker tersebut terutama untuk terjun kedalam dunia wirausaha.

Dr. Son Haji selaku Ketua BPD HIPKA Kota dan Kabupaten Bekasi mengungkapkan, dunia usaha bukanlah dunia akademis melainkan keuletan, keberhasilan dan kompetensi yang harus dimiliki.

"Dunia usaha bukanlah dunia akademis yang tidak harus mencantumkan gelar, namun dalam dunia pengusaha yang harus dimiliki adalah kompetensi, keuletan agar mendapat keberhasilan," Ujar Son haji

Son Haji berpesan kepada HMI Bekasi untuk dapat memasukan materi kewirausahaan dalam training atau kegiatan yang ada di HMi.

"Sejak saya di HMI ada training Lk1, Lk2, SC hingga Lk3 jarang saya rasakan materi-materi tentang wirausaha, semoga kedepan ada materi tentang kewirausahaan di training-training HMI agar para kader-kader ini mampu melihat bahwasanya dunia usaha ini juga perlu di pelajari dan di perjuangkan" Lanjut Son Haji ketua BPD HIPKA KAHMI Bekasi  

Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kabupaten Bekasi mengungkapkan tantangan HIPKA kedepan ialah bagaimana menciptakan sumber daya manusia atau enterpreneur baru dalam menyongsong Era Revolusi 5.0.

"Terkait Kadin pasti siap untuk memfasilitasi, tinggal cara kita untuk mempersiapkan SDM dalam dunia pengusaha agar tercapai pengusaha untuk menyongsong Era Revolusi 5.0," kata Heri Noviar Ketua Kadin Kabupaten Bekasi.

Selain itu Muhammad Said mewakili Plt. Bupati Bekasi yang juga Alumni HMI dalam sambutannya mengungkapkan kita harus persiapkan diri dalam persaingan industri dalam dunia pengusaha.

"Kita harus orienstasikan setiap kegiatan tertuju pada pasal 4 AD HMI, hanya lembaga nya saja yang berbeda. Untuk itu kita harus persiapkan diri kita dalam menghadapi persaingan industri saat ini," ujar Muhammad Said.

Kehadiran BPD HIPKA Kota Kabupaten Bekasi ini dapat memberi nuansa baru dalam dunia usaha di Pemerintah Kota dan Kabupaten Bekasi.

"Selamat atas dilantiknya BPD HIPKA KAHMI Bekasi, ini menjadi orientasi baru dan sejarah baru bagi KAHMI Bekasi yang sudah dapat memberikan wadah bagi calon pengusaha-pengusaha KAHMI maupun HMI di masa mendatang,  jadi HIPKA ini harus segera menjawab tantangan-tantangan membentuk para pengusaha-pengusaha baru di wilayah Bekasi khususnya KAHMI dan HMI" Tutup Budiman yg sering di sapa Boy ini pula Kordinator Presidium MD KAHMI Bekasi. (zan)