PENABEKASI.ID - MUSTIKA JAYA, Berdasarkan PP Kwarnas Gerakan Pramuka No.224/2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kwartir Ranting, Kwartir Ranting (Kwarran) Kec.Mustikajaya Kota Bekasi beberapa waktu lalu menggelar Musyawarah Ranting (Musran) untuk mengevaluasi kerja Kepengurusan 2018-2021 dan kemudian memilih Ketua Kwarran 2021-2024 serta menentukan kebijakan program kerja Kwarran 2021-2024. Dalam Musran terpilih Kak Ade Sutarsan sebagai Ketua Kwarran Mustikajaya 2021-2024.

Tepat pada hari ini Selasa (18/01/22) di Pendopo H.Natrom Nursyamsu Kecamatan Mustikajaya, Majelis Pembimbing Ranting, Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarran, dan Ketua serta Andalan Ranting Kwarran Mustikajaya dilantik oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Bekasi yang di wakili oleh Wakil Ketua Kwarcab Kota Bekasi Kak.H.Abdillah Hamta. Dalam sambutannya beliau menekankan tanggung jawab Kwarran Mustikajaya untuk menjalankan sistem organisasi dengan maksimal sehingga pembinaan Anggota Gerakan Pramuka melalui kegiatan-kegiatan dapat terus berjalan dan menyesuaikan dengan kondisi Pandemi saat ini.

Disela acara pelantikan Kak Nurhayati.S.Pd yang juga dilantik sebagi Andalan Bidang Pengabdian Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Kwarran Mustikajaya mengungkapkan rasa syukur dapat dipercaya mengemban amanah luar biasa di Gerakan Pramuka Mustikajaya.

Kak Nurhayati yang biasa disapa Kak Ati menegaskan bahwa "Peran Pramuka kepada masyarakat pada saat ini harus optimal, harus dirasakan kehadirannya bagi masyarakat, apalagi dalam janji Pramuka jelas ada kalimat "ikut serta membangun masyarakat, jadi bukan sebuah tawar menawar Pramuka Mustikajaya harus hadir bagi masyarakat Mustikajaya apalagi pada saat Pandemi Covid-19 ini yang begitu terasa dampaknya bagi kehidupan masyarakat" Ujar Kak Nurhayati

Pengabdian Masyarakat bagi Pramuka menjadi tolok ukur keberhasilan pembinaan Kepramukaan disetiap satuan pembinaan di Pramuka seperti Gugus Depan (Gudep) dan Satuan Karya (Saka) tambahnya.

"Mustika jaya sebagai kecamatan yang menjunjung tinggi sejarah dan budaya harus dikawal secara baik identitas kedaerahannya sebagai kekayaan dan kebanggaan oleh seluruh Anggota Pramuka di Mustikajaya, karena bila Generasi Muda Mustikajaya melalui Pramuka dapat paham dan mengerti akan Sejarah dan Budaya Mustikajaya maka Mustikajaya akan dapat terjaga dengan baik dan terwujud masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur", Tutup Kak Ati

Semoga Kepengurusan Kwarran Mustikajaya yang baru ini memiliki kekuatan Juang seperti para pendahulunya dan dapat melanjutkan perjuangan serta pengabdiannya. (zan)