PENABEKASI, KOTA BEKASI - Virus corona yang telah menyebar ke berbagai dunia telah menjadi kekhawatiran banyak orang. Berbagai himbauan diberikan kepada warga untuk menghindari persebaran virus ini. Salah satu langkah yang dianjurkan adalah dengan menghindari tempat publik atau tempat berkumpulnya banyak orang. Hal tersebut membuat beberapa acara perhelatan musik atau pertemuan menjadi dibatalkan oleh para penyelenggara.



Berbagai pekerjaan di pertunjukan musik yang terdiri dari manajemen artis, manajer tour, staff administrasi, teknisi untuk instrumen, teknisi pencahayaan, operator audio bahkan sampai musisi yang tidak dapat melakukan pekerjaannya karena tidak adanya pertunjukan musik. Dan ini membuat seluruh kegiatan dibidang musik pun terhenti. 



Beberapa Praktisi musik dengan kondisi ini coba ambil bicara tentang kegiatannya selama kondisi pandemi Covid19, salah satunya adalah FAISAL ADLUN beliau adalah seorang Ketua Paduan Suara Mahasiswa SOEARA SERAJOE UNISMA Bekasi saat ini. Menurut beliau dalam kondisi penyebaran virus Corona ini dalam proses bermusik sangat menghambat apa lagi kami adalah paduan suara mahasiswa yang melibatkan banyak orang. 



Untuk sekarang ini berkegiatan musik dirumah saja dengan mendengarkan lagu dan mencoba bermain alat musik serta melatih diri sendiri dalam bermusik dan mengisi kekosongan waktu dengan kegiatan positif. Dalam keadaan covid 19 ini khusus nya para musisi atau para pemusik yang ingin mengadakan konser atau manggung di berbagai tempat mengalami banyak kerugian atas pembatalan pementasannya. 



Tetapi beberapa musisi coba membuat strategi untuk mengatasi pandemi ini dan terus bisa berkarya dengan mengadakan acara tampil streaming melalui akun sosial media yg sudah tersedia, setidaknya cara yg di lakukan ini bisa membuat para musisi tidak kehilangan jati diri mereka dalam berkarya. Untuk pertemuan secara langsung/fisik tidak sama sekali karena saya tidak mau mengambil resiko kepada anggota dan mendukung aturan pemerintah untuk memutus rantai Covid-19. Ini solusi kami untuk berkomunikasi dengan seluruh pengurus dan anggota dengan cara melalui sosial media. 



Harapan kami kedepannya untuk hal yang berkaitan dengan musik saat ini adalah semoga pandemi covid 19 ini cepat berakhir khususnya dalam dunia permusikan bisa berjalan seperti biasanya dan bisa terus berkarya tanpa ada halangan apapun, karena dengan cara kita komunikasi secara langsung sangat mempermudah kita untuk terus berkembang dalam dunia permusikan khususnya saya sebagai mahasiswa yang ikut organisasi dalam bidang seni musik. (RG/AIB)