Penabekasi.id - Bekasi Timur, Kegiatan Festival Aktivis Lintas Generasi DPD KNPI Kota Bekasi diwarnai dengan dialog Pemilu damai. (24/12/2023)

Mengingat semakin dekatnya proses pemilihan umum secara serentak di tahun 2024 nanti, setiap elemen yang terkait sigap untuk mempersiapkan seluruh perangkat-perangkatnya.

Dalam hal ini beberapa elemen Pemilu yang hadir dalam acara KNPI Kota Bekasi tersebut iyalah Perwakilan Kodim 0507 yang diwakili oleh Lettu Infantri H.Sumardi yang menjabat sebagai Perwira Sandi Intel Kodim 0507 Kota Bekasi, Perwakilan Polres Metro Bekasi Kota dalam hal ini diwakili oleh AKBP Nana Suherna yang menjabat sebagai Kasad Binmas Polres Metro Bekasi Kota, Ketua Bawaslu Kota Bekasi Vidya Nurrul Fathia dan Ali Syaefa sebagi Ketua KPU Kota Bekasi.

Sayangnya saat PJ Walikota Bekasi diundang dalam acara tersebut beliau tidak kunjung datang untuk hadir.

"Kami dari kepolisian siap mengawal jalannya Pemilu serentak di tahun 2024 nanti" Ungkap AKBP Nana Suhendra

"Kamipun sama dari TNI/Kodim 0507 akan selalu mengamati dan mengamankan jalannya pemilu 2024 nanti" ujar Lettu Inf H.Sumardi

Di sela-sela diskusi ada beberapa sesi tanya jawab yang di sediakan oleh Moderator dalam hal ini Syamsul Martha Nugraha.

Dari beberapa penanya, ada yang sangat menjadi perhatian diantaranya saudara 


Dia (Syamsul) memberikan kesempatan kepada peserta diskusi untuk bertanya dan didapati ada dua penanya yang sangat menonjol pada saat itu, diantaranya Wakil Komandan Koti Pemuda Pancasila Bung Bento dan Anggota KNPI Kota Bekasi Bung Panji (Papank).

"Kami ini Organisasi Basis masa yang dimana anggotanya cukup banyak, bilamana diberi kesempatan oleh KPU dan Bawaslu Kota Bekasi, kami ingin sekali bisa terlibat san dikaryakan dalam Pemilu Serentak tahun 2024" Tegas Bento mewakili Anggota Pemuda Pancasila 

Sigal Pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh KPU dan Bawaslu Kota Bekasi.

"Kami mengajak untuk semua elemen masyarakat agar bisa terlihat dalam momentum Pemilu Serentak 2024 terutama rekan-rekan Pemuda Pancasila" ungkap Ali Syaefa Ketua KPU Kota Bekasi.

"Adapun hal bisa dikolaborasikan diantaranya iyalah KPU menghibau untuk rekan - rekan agar mendaftar menjadi anggota KPPS" Pesan Ali Syaefa.

"Kami juga menyediakan pendaftaran PTPS bagi rekan-rekan yang ingin terlibat di kepemiluan Tahun 2024 nanti" Pungkas Vidya selaku Ketua Bawaslu Kota Bekasi.

"Selain itu rekan-rekan juga bisa mendaftarkan keterwakilan organisasinya untuk menjadi Pemantau Pemilu" lengkapnya ketua Bawaslu Kota Bekasi.

KPU dan Bawaslu berkomitmen untuk melaksanakan Pemilihan Umum secara Jujur, Adil, Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia.

"Kami sangat menyayangkan tidak adanya perwakilan dari unsur pemerintah daerah dalam hal ini Pj Walikota Bekasi" Tegas Panji sebagai Keterwakilan dari DPD KNPI.

"Harusya pemerintah hadir saat kami memikirkan bagaimana pemilihan umum bisa berjalan damai di Kota Bekasi, karena sebelumnya kami dari KNPI sudah mengundang Pj Walikota untuk hadir dalam agenda dialog ini" Pungkas Pemuda yang akrab dipanggil Papank ini.

Disela-sela dialog, Moderator mengarahkan suaranya untuk para calon legislatif yang hadir pada saat itu untuk mengungkapkan suaranya di forum tersebut.

Diantara Calon Legislatif yang hadir iyalah Fritz Saikat dari Partai PKB Dapil Bekasi Utara dan Bekasi Barat, Deni Ardini daei Partai PKS Dapil Bekasi Timur dan Bekasi Selatan, serta Reynaldi dari Partai Golkar Dapil Bekaso Timur dan Bekasi Selatan.

Dari ketiganyapun mengharapkan hal yang sama, agar setiap Penyelenggara dan pengawas berlaku adil dalam mejalankan tugasnya sebagai Perangkat dan Pengawas Pemilu, maka mereka yakin hasil Pemilu nanti akan mendapatkan hasil yang berintegritas.(Sam)