Penabekasi.id - Kota Bekasi, Mulai pukul 15.30 WIB s/d 18.00 WIB  (27/6), kegiatan donor darah rutin yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Kelurahan Jatiranggon Kec.Jatisampurna bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Transfusi Darah Kota Bekasi terlaksana dengan lancar.

Sejumlah 30 an kantong darah berhasil terkumpul. Pendonor yang hadir pada malam tadi terhitung cukup banyak, akan tetapi ada pula yang tidak lulus screening kesehatan dari petugas PMI karena berbagai sebab. Seperti kondisi kesehatan yang masih dalam masa pengobatan, tekanan darah yang relatif tinggi maupun terlalu rendah, kadar hemoglobin yang cenderung kurang, berat badan yang tidak memenuhi minimal, maupun sebab lainnya.


Menurut website PMI, mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali, akan membuat tubuh terpacu memproduksi sel-sel darah baru, sedangkan fungsi sel-sel darah merah adalah untuk oksigenisasi dan mengangkut sari-sari makanan. Dengan demikian fungsi darah menjadi lebih baik sehingga donor juga menjadi lebih sehat. Selain itu, kesehatan pendonor akan selalu terpantau karena setiap kali donor dilakukan pemeriksaan kesehatan sederhana dan pemeriksaan uji saring darah terhadap infeksi yang dapat ditularkan lewat darah.

Pemerintah Kelurahan Jatiranggon pastinya sangat mengapresiasi kegiatan amal sekaligus sosial yang sudah berlangsung kurang lebih 3 tahun ini, dimana rutin dilaksanakan setiap 3 bulan sekali. Di samping manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh pendonor, tentu kegiatan donor darah merupakan salah satu ikhtiar untuk membantu serta peduli kepada sesama yang sedang membutuhkan.
Setetes darah anda nyawa bagi sesama.

Turut hadir pada donor rutin kali ini H.Dedi Suryadi selalu lurah jatiranggon,Kasi Kesos ibu Dewi yang juga turut serta mendonorkan darahnya Ketua LPM Jatiranggon bapak Yosef serta Ketua Karang Taruna Kota Bekasi H.Darkam Suryadi dan jajaran . 

Rifki Yustiyar atau biasa di panggil Bang Baken selaku Ketua Karang Taruna Jatiranggon mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat yang antusias mendonorkan darahnya untuk membantu sesama.Rifki juga mengucapkan terima kasih kepada lurah jatiranggon dan jajaran atas segala dukungan moril dan materil sehingga bisa terselenggara kegiatan yang mulia ini ."Terima kasih juga kami ucapkan untuk ketua karang taruna kota Bekasi dan jajaran yg sudah menghadiri dan mensupport giat ini , mudah-mudahan program yang mulia ini terus berjalan dan mendapat dukungan baik dari pemerintah kota Bekasi,karang taruna kota Bekasi maupun PMI Kota Bekasi,ini membuktikan bahwa kami sebagai organisasi sosial hadir di tengah tengah masyarakat" Ujarnya.