Penabekasi.id - Jakarta,  Berawal dari penolakan timnas Israel bermain di Indonesia oleh beberapa pihak, membuat FIFA resmi mencabut statu Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. (29/3/2023)

Pasalnya sebelum ada keputusan tersebut beberapa pihak seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Bali Wayan Koster serta partai PKS dan PDI-P yang mengeluarkan pernyataan untuk menolak kedatangan Timnas Israel bermain di Indonesia pada Piala Dunia U20.

Padahal persiapan yang sudah matang dari panitia, PSSI dan para pemain Indonesia untuk mengelar Piala Dunia dibatalkan akibat penolakan tersebut.

Dilansir dari situs resmi FIFA (29/03/2023) setelah pertemuan hari ini antara Gianni Infantino sebagai Presiden FIFA dan Erick Thohir sebagai Presiden Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), FIFA memutuskan untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023, karena keadaan saat ini. 

Nantinya FIFA akan umumkan segera tuan rumah pengganti Indonesia, meski tanggal turnamen yang sudah ditetapkan tidak berubah.

PSSI juga dapat menghadapi sanksi di tahap selanjutnya, Meski begitu FIFA akan tetap berkomitmen untuk membantu PSSI dalam proses transformasi sepakbola Indonesia pasca tragedi Oktober 2022, dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo.

Nantinya FIFA akan selalu hadir mengutus tim untuk hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan.

Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Presiden PSSI untuk pembahasan lebih lanjut juga akan dijadwalkan dalam waktu dekat. 
(Red)