Penabekasi.id - Bekasi, Peringatan Hari Air Sedunia yang diperingati setiap tanggal 22 Maret, merupakan peringatan tentang pentingnya kelestarian Air bagi sumber kehidupan. Dalam peringatan hari air sedunia ke-31 kali ini, Lembaga Lingkungan Hidup Amphibi lakukan Aksi di sepanjang sungai Jalan Baru Underpass, kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. Pada, sabtu (18/03/2023).

Pada kegiatan aksi peringatan Hari Air Sedunia yg ke - 31, Lembaga Lingkungan Hidup Amphibi Bekasi Raya melakukan kolaborasi pada kegiatan tersebut, terlihat diantaranya Karang Taruna kecamatan Bekasi Timur,Karang Taruna unit RW 02 kelurahan Bekasi Jaya, serta beberapa unsur pengurus karang taruna lainnya di wilayah kecamatan Bekasi Timur. dengan melakukan long march, dari titik awal pasar baru sampai dengan rusunawa jalan baru underpass yang di isi oleh edukasi dan himbauan kepada masyarakat sepanjang sungai jalan baru underpass untuk melarang keras membuang sampahnya langsung ke sungai, serta membentangkan kain panjang dengan berisikan tanda tangan masyarakat, dengan besar harapan masyarakat kepada pemerintah terkait untuk segera melakukan pengerukan sungai yang sudah sangat dangkal, dan rawan terhadap banjir.

Selain melakukan kolaborasi dengan organisasi Karang Taruna, kami juga melibatkan Tim Katak Orange Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi & UPTD Kebersihan Bekasi Timur, dalam melakukan Clean up sungai yang di dominasi oleh sampah domestik masyarakat sepanjang sungai underpass jalan baru, kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi.

"Kita akan kejar terus solusi dari pendangkalan sungai ini, kita membawa harapan masyarakat untuk minta dikeruk secepatnya, jika di dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA Kota Bekasi) tidak ada solusi, maka kita kejar ke pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai BBWS Citarum - Ciliwung di bandung", Ujar Willy Nur Wahyudi selaku Ketua Amphibi Bekasi Raya.


Ditempat yang berbeda saat diwawancarai awak media, Heri Buchori, S.M selaku ketua Karang Taruna Kecamatan Bekasi Timur mengucapkan "Terimakasih Kepada Lembaga Amphibi yang telah melakukan sinergi, semoga dengan dilakukannya kegiatan ini kita dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampahnya ke sungai, karna dampak dari pembuangan sampah ke sungai tersebut dapat menyebabkan banjir di wilayah perumahan yg dekat bantaran sungai, dan semoga pihak terkait dapat segera mengeruk sedimen lumpur yang ada di dasar sungai tersebut, karna pendangkalan di sungai ini sudah sangat memprihatinkan".