Penabekasi.id - Kota Bekasi,AMPHIBI BEKASI RAYA lakukan Aksi Pembersihan Sampah di Bantaran Sungai dalam Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional HPSN 2023 di sepanjang bantaran sungai jalan baru underpass bekasi timur.

Dalam rangkaian aksi tersebut Lembaga Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup & B3 Indonesia AMPHIBI Bekasi Raya melakukan aksi ini bersama dengan Karangtaruna unit RW.02 Bekasi Mede dan Karangtaruna kecamatan Bekasi Timur, pada Selasa, (21/2/2023).

"Saya berharap kedepannya kegiatan ini terus berlanjut dengan memberikan himbauan kepada masyarakat sepanjang sungai untuk tidak membuang sampah langsung ke sungai, dan kami juga sedang dalam proses mengadakan pertemuan langsung di lokasi dengan pemerintah terkait khususnya Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi dan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air BMSDA Kota Bekasi agar dapat bersinergi dalam hal pemeliharaan Sungai dalam waktu dekat ini," Ungkap Willy Nur wahyudi, Ketua Amphibi Bekasi Raya.

Ahmad Fauzi, salah satu warga setempat yang berada di lokasi tersebut mengatakan bahwa memang sungai di jalan baru ini mengalami pendangkalan karna sudah bertahun - tahun belum pernah ada pengerukan sedimentasi sungai dengan lumpur yang sudah mencapai satu meter lebih, sehingga mengakibatkan meluapnya air sungai ketika hujan deras, bahkan di area jalan underpass dapat mencapai 150 cm pada minggu kemarin.

"kami berharap lembaga lingkungan hidup Amphibi segera membuat tim pemantauan sungai di jalan baru untuk memberikan teguran kepada orang yang terbukti secara sengaja membuang sampah langsung ke sungai demi menjaga agar sungai tetap bersih dan indah, karna air adalah sumber kehidupan". Tutup ahmad Fauzi.