Puing Runtuhan Akibat Gempa Turki 2023

Penabekasi.id - Bekasi, Dampak Terjadinya gempa di Turki 5 Februari 2023 diduga menewaskan lebig dari seribu orang. Selain itu, gempa M7.8 tersebut juga menghancurkan bangunan, salah satunya masjid bersejarah di Negara tersebut.

Dilansir dari CNN dan Survei Geologi Amerika Serikat Melaporkan gempa bumi mengguncang Turki tepatnya di Nurdagi, Provinsi Gaziandep, Turki.

Nurdagi terletak di dekat perbatasan Turki-Suriah dimana jarak tempuhnya sekitar 435 Kilometer dari Israel.

Setelah diguncang dengan Gempa berkekuatan M 7,8. Turki juga mengalami Gempa susulan dengan kekuatan Magnitudi 6,7 dengan waktu sekitar 11 menit setelah gempa pertama.

Laporan televisi lokal, HaberTurk, seperti dikutip Associated Press menyebutkan sejumlah gedung ambruk di Provinsi Malatya dan Diyarbarkir akibat gempa Turki dengan magnitudo 7,8. Salah satu bangunan bersejarah yang hancur di Malatya adalah Masjid Yeni.

Sebanyak lebih dari 1.200 orang dinyatakan tewas akibat gempa Turki M 7,8. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut sedikitnya 912 orang tewas akibat gempa tersebut.

Dilansir AFP dan CNN, Senin (6/2/2023), Erdogan mengatakan sekitar 5.383 orang mengalami luka-luka akibat gempa di berbagai wilayah Turki. Di Suriah, laporan televisi pemerintah Suriah menyebut sedikitnya 386 orang tewas akibat gempa yang sama, dengan 239 orang di antaranya tewas di wilayah Aleppo, Hama, Latakia dan Tartus.

Jika dijumlahkan, total korban tewas akibat gempa Turki mencapai 1.298 jiwa. Kemungkinan jumlah korban masih terus bertambah.

Kemudian, Duta Besar RI untuk Turki, Lalu M Iqbal memastikan tidak ada WNI yang me jadi korban tewas gempa Turki. Ia melaporkan ada tiga WNI yang mengalami luka dan sudah dilarikan ke rumah sakit.

"KBRI Ankara telah berkoordinasi dengan otoritas lokal di daerah tersebut, Satgas Perlindungan WNI, dan PPI di sekitar lokasi. Sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban meninggal dunia. Sejumlah WNI di Kahramanmaras harus meninggalkan apartemen karena mengalami kerusakan parah. KBRI Ankara sedang mengupayakan rumah penampungan sementara sambil menunggu penanganan dari otoritas setempat," kata Lalu M Iqbal, Senin (6/2/2023).

"Tiga orang WNI mengalami luka, satu orang di Kahramanmaras dan dua orang Hatay, dan saat ini sudah dirujuk ke rumah sakit terdekat," imbuhnya.

Daerah yang merasakan dampak Gempa:

- Suriah
- Siprus
- Suriah
- Lebanon
- Yunani
- Yordania
- Irak
- Rumania
- Georgia
- Mesir.

(Red)