Penabekasi.id - BSIP seluruh pengurus, 79 BSU atau sekitar 750 orang pengurus BSU. Undangan yg dateng dari perwakilan sponsor, Aqua Danone, Waste4change, PT. Permodalan Nasional Madani (PNM). Stake holdernya, Kadis LH dan jajaran sm Plt.

Bertempat di Gate 11 Stadion Patriot Chandrabaga, pada Minggu, (18/12/2022) telah diadakan rangkaian acara HUT Bank Sampah Induk Patriot (BSIP) Kota Bekasi yang ke-6 dengan tema besar "Gathering Bank Sampah Unit (BSU) se-Kota Bekasi". Dalam acara tersebut, dilaksanakan Pawai Pakaian Guna Ulang, Bazar Produk Turunan Sampah, serta beragam Apresiasi dari BSIP kepada Bank Sampah Unit yang menjadi garda terdepan dalam pengurangan sampah di sumber (hulu).

Dalam runtutan acara HUT Ke 6 BSIP panitia menampilkan parade Bank Sampah Unit dari 12 kecamatan se kota bekasi. parade tersebut menampilkan pakaian sampah plastik yang bisa didaur ulang kembali menjadi baju, tas, topi dan masih banyak lagi yang mempunyai nilai jual. 
BSIP memulai kegiatan pada tahun 2016 dan disahkan melalui Peraturan Walikota (Perwal) No. 10A Tahun 2017. Dalam laporan Ketua Pelaksana, Mulyanto Diharjo yang juga merupakan salah satu pengurus BSIP menuturkan bahwa, kegiatan ini diselenggarakan untuk memupuk semangat para pengurus BSU agar dapat melaksanakan kegiatan pengurangan sampah dari sumber dengan lebih maksimal serta sebagai ajang silaturahmi antar penggiat lingkungan seKota-Bekasi sehingga dapat memupuk kembali keaktifan BSU yang telah "mati" Akibat dari pandemi.

Turut hadir dalam undangan, Plt. Walikota Bekasi bapak Dr. Tri Adhiyanto dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, bapak Yudianto beserta jajarannya.
Pada parade pakaian yang dibuat dari sampah plastik ini juga menjadi perlombaan untuk setiap BSU, penilaian yang dibuat panitia adalah dari design yang kreatif. Acara yang dihadiri oleh lebih dari 70 BSU atau sekitar 750 orang pengurus BSU seKota-Bekasi ini ditutup oleh hiburan serta pembagian Doorprize berupa Gerobak Dorong untuk memudahkan mobilisasi para pengurus BSU dalam melakukan penimbangan sampah.

Selain daripada stakeholder terkait, acara ini juga didukung penuh oleh Danone Aqua, Waste4change serta PT. Permodalan Nasional Madani (PNM). Dengan kehadiran perusahaan-perusahaan swasta dan BUMN sebagai sponsor utama kegiatan ini, menunjukkan bahwa perusahaan ingin berkontribusi dalam perubahan lingkungan khususnya terhadap pengelolaan sampah dari sumber.

Acara utama HUT BSIP Ke 6 ini adalah secara simbolis memotong tumpeng yang dilakukan oleh Plt Walikota bekasi. dengan memberikan puncak tumpeng tersebut diberikan kepada Dirut BSIP Kota Bekasi. 
(NIK)