Penabekasi.id - Bekasi Kota, Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bekasi, Japong Ketua Bidang PTKP, menyoroti festival musik Soundsfest di Parkir Ground Summerecon Mall Bekasi yang akan digelar pada 5-6 November 2022.

Pihak HMI sendiri menilai kawatir dengan acara tersebut dikarenakan seperti peristiwa di Jakarta konser ‘Berdendang Bergoyang’ yang beberapa hari lalu banyak penonton berdesakan pingsan mengakibatkan melebihi kapasitas. 

Kendati demikian, Ketua Bidang meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi lebih aktif mengawasi izin konser tersebut.

"Pemerintah Kota Bekasi harus lebih aktif mengawasi pemberian izin," kata Japong saat dihubungi, Selasa (1/11/2022).
Ketua Bidang HMI Bekasi ini mengatakan juga untuk pihak kepolisian wilayah hukum Kota Bekasi harus melakukan selektif terkait izin kegiatan. Menurut dia, dan Pemerintah Kota Bekasi yang kini harus mulai memantau kegiatan-kegiatan festival musik di Kota Bekasi yang melibatkan banyak penonton.

"Izin keramaian juga perlu lapor ke polisi terkait, Pemkot Bekasi juga sepatutnya mulai sekarang membentuk tim pemantau kegiatan yang melibatkan banyak orang. Jangan sampai timbul masalah lalu tidak berani bertanggung jawab," ucapnya.

Sementara, Kasat Intelkam Polres Metro Bekasi Kota Kompol Tri Wahyono saat dihubungi mengatakan terkait izin festival musik tersebut di Polda Metro Jaya.

“Izin nya di Polda Metro Jaya,” katanya.

Sekedar diketahui sebelumnya yang dilansir detikcom, Izin festival musik Berdendang Bergoyang pada hari ketiga akhirnya dicabut demi keselamatan dan keamanan.

"Ya karena faktor keselamatan dan keamanan jiwa bagi para penonton. Karena yang ada di lapangan itu ternyata kapasitas yang ada di tempat acara ya dengan jumlah penonton yang hadir ini melebihi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan.

Zulpan menjelaskan pencabutan izin festival Berdendang Bergoyang diputuskan setelah mempertimbangkan permohonan dari Kapolres Jakarta Pusat. Izin dicabut usai insiden penonton membeludak hingga menyebabkan sejumlah orang pingsan.
"Sehingga sudah dilakukan rapat oleh Polda ya. Polda memutuskan mencabut izin konser berdendang bergoyang untuk malam ini (Minggu)," sambung dia.

Hingga berita ini diunggah Redaksi sudah berupaya mencoba menghubungi pihak panitia Soundsfest, Namun belum berhasil direspon.
(NIK)