Penabekasi.id - Bekasi Timur, DPD KNPI Kota Bekasi adakan Simposium Pemuda di hari pahlawan 10 November 2022. di Gedung Kreatif Bekasi Kota

Terlihat hadir Plt Walikota Bekasi, Anggota DPRD Kota Bekasi dari fraksi PDI-P, Anggota DPR RI Fraksi Golkar, Sejarahwan Indonesia, Dandim, Veteran, dan OKP Se Kota Bekasi

Setelah Proklamasi 17 Agustus 1945, situasi Indonesia belum stabil. Indonesia masih bergejolak, terutama antara rakyat dan tentara asing. Salah satunya di Surabaya, Jawa Timur. Peristiwa tersebut dikenal sebagai Hari Pahlawan.
Mulyadi sebagai pelaksana simposium pemuda KNPI kota Bekasi membuat Tema ini sengaja dipilih Aktualisasi Pemuda dalam Semangat Juang 10 November Mengahadapi Tahun politik 2024'  Kalau dulu "pahlawan" identik dengan perjuangan yang melawan penjajah mengantarkan Indonesia pada kemerdekaan. 

Di era masa kini, makna "pahlawan" bisa dipahami dari berbagai pengertian. Mereka adalah sosok panutan yang dapat membawa perubahan serta memberikan kontribusi positif dalam berbagai perspektif.peristiwa bersejarah ini boleh dikatakan merupakan tonggak penting bahwa pemuda memiliki persamaan cara pandang dalam melihat persoalan dan tantangan yang—langsung atau tidak—memantik tumbuhnya kesadaran kolektif (collective consciousness).

Dalam mengahadapi tahun politik 2024 inilah para generasi muda harus mengambil peran, bukan hanya berdiam diri saja dan bersikap tak acuh. 

Kontribusi generasi muda dalam menyongsong pesta demokrasi sehat dalam pemilu sangatlah diperlukan. Keterlibatan generasi muda dalam berpartisipasi akan sangat memberikan arti bagi proses penyelenggara pemilu yang berjalan dengan aman damai dan demokratis.

Mulyadi menyampaikan Generasi muda merupakan penerus perjuangan generasi terdahulu untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Generasi pemuda menjadi harapan dalam setiap kemajuan di dalam suatu bangsa dengan ide-ide ataupun gagasan yang berilmu, wawasan yang luas serta berdasarkan kepada nilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat.

Generasi muda harus diberikan pemahaman bahwa memberikan hak suara dalam pemilu sangat penting, 
berpesan pada para mahasiswa dan lembaga kepemudaan  agar mereka mampu menjadi pahlawan bagi diri mereka sendiri. “Jadilah pahlawan untuk diri anda sendiri terlebih dahulu. Lakukan itu dengan menentukan masa depan yang terbaik untuk anda. Kemudian apabila masa depan anda ternyata dapat pula membantu masa depan orang lain di sekitar anda, maka hal itu tentu akan lebih baik lagi." Tutup Mulyadi
(NIK)