Penabekasi.id - Bekasi, Bank Sampah Induk Patriot (BSIP) Kota Bekasi, lakukan pelatihan sosialisasi bank sampah dalam rangka memberikan pemahaman manajemen bank sampah, dalam rangka meningkatkan kapasitas di tiap tiap bank sampah unit Se-Kota Bekasi.

Kegiatan Sosialisasi pertama di lakukan di Aula Griya Krida Apel Nasio, yang berlokasi di Jl.Apel II Rt.01 Rw.16, Kelurahan Jatimekar, Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi yang di hadiri oleh beberapa undangan korwil diantaranya Jatisampurna, Jatiasih, Mustika Jaya, Pondok Gede, yang di buka langsung oleh bidang PSLB3 Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Dewi Astrianti , Senin (22/08). Sedangkan kegiatan sosialisasi kedua dilakukan di Aula Kantor Kecamatan Bekasi Utara yang di hadiri oleh beberapa undangan Korwil Kecamatan, diantaranya Bekasi Utara, Rawalumbu, Jatiasih, Bekasi Selatan, Bekasi Timur, Bekasi Barat, Pada Selasa (23/08/2022).
Kegiatan sosialisasi bank sampah yang diberikan oleh BSIP Kota Bekasi bukan hanya sekedar memeberikan pemehaman tentang materi kelas, melainkan dengan melakukan simulasi menejemen bank sampah yang dilakukan langsung setelah diberikannya materi kelas yang di sampaikan oleh beberapa pemateri dari Bank Sampah Induk Patriot Kota Bekasi.

Ulfa Masropah Kasie Pengurangan Sampah Dinas LH Kota Bekasi. dalam pemaparannya mengenai strategi pengurangan dan penanganan sampah di kota bekasi melalui dasar aturan mengenai target penanganan dan pengurangan timbulan sampah sudah mencapai 73% pada jumlah 617.987 Ton pertahun 2022, dengan meningkatkan kualitas manajemen bank sampah di kota bekasi.
"Dukungan penuh untuk bank sampah induk patriot kota bekasi yang telah berkontribusi mengambangkan bank sampah unit di beberapa wilayah RW khususnya di kecamatan bekasi utara, sehingga dapat memenangkan program kampung bersih tingkat kota bekasi."Ujar Sumpono Brama S.STP, MSi Camat Bekasi Utara".

"Dalam pelatihan manajemen bank sampah ini dilakukan selama dua hari dan di hadiri oleh peserta sebanyak 35 Bank Sampah Unit (BSU) RW Se-Kota Bekasi, dengan antusias peserta dari tiap - tiap BSU yang sangat luar biasa dalam mengikuti pelatihan tersebut."Ucap Suharni"

Suharni Bidang Pelatihan BSIP selaku ketua pelaksana berharap, Untuk kedepannya kami akan melakukan pelatihan - pelatihan lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan, beserta pelatihan dalam mengelola sampah di lingkungan masing-masing utamanya.

Diwaktu yang sama saat diwawancarai awak media, Edy Supangkat selaku Direktur Bank Sampah Induk Patriot (BSIP) Kota Bekasi.berharap dalam adanya pelatihan bank sampah yang dilakuakn selama dua hari dengan mengundang Bank Sampah Unit RW Se-kota Bekasi untuk kedepannya semoga para pengurus Bank Sampah Unit yang telah mengikuti pelatihan manajemen bank sampah ini dapat menerapkan pola manajemen bank sampah sesuai dengan yang didapatkan pada saat pelatihan, serta untuk Bank Sampah Unit yang belum mengukuti pelatihan tersebut bisa dilakukan pelatihan lebih lanjut secara berkesinambungan kedepannya serta dapat mengajak lebih banyak para nasabah di bank sampahnya masing masing BSU."Tutup Edy Supangkat".
(NIK)