PENABEKASI.ID - Cikarang, Rahmad Hadi boleh dibilang sosok spesialis menaikkan penjualan perusahaan. Dalam puluhan tahun karier profesionalnya baik di perusahaan- perusahaan di bidang keuangan, sektor industri dan saat ini di sektor perumahan , semua pernah mengalami pertumbuhan bisnis yang positif berkat arahannya.

Sejumlah posisi penting pernah dipegang Rahmad Hadi namun ia mengaku ingin tetap humble dan belajar dari semua orang, termasuk dari anak buah. Tak mengherankan, setiap jabatan yang diamanahkan kepadanya ia terima dengan antusias, penuh passion, dan selalu mau belajar.

Menurut Rahmad, sikap seperti ini penting untuk dimiliki seorang leader, apalagi ketika memimpin suatu bidang yang berbeda dengan keahlian utamanya. Ia berpendapat, kerendahan hati membuat seseorang mau belajar lebih banyak. “Seorang pemimpin tidak perlu gengsi untuk belajar dari anak buahnya,” kata lelaki kelahiran 12 Juni  ini.

Rahmad pernah berkarier di PT Alam Raya Makmur/ Sampoerna Group/ Samko Timber (Distributor bahan bangunan berupa Triplex) sebagai Regional Manager Jawa Timur dan Bali yang mengkoordinir 11 Depo Manager (11 Depo) di 11 Kabupaten/ Kota (Tuban, Madiun, Kediri, Blitar, Gresik, Madura, Sidoarjo, Malang, Pasuruan, Jember dan Bali), selanjutnya berkarier di Distributor Semen Gresik Curah (Semen Indonesia Group) di bawah bendera PT Janti Sarana Material Beton sebagai Area Sales & Distribution Manager Jateng- DIY, berlanjut di PT Cemindo Gemilang (Pabrik Semen Merah Putih) sebagai Bag Project Manager Jabodetabek- Banten, PT Mulia Keramik Indahraya Sebagai Project Sales Manager All Java, PT Arrow Home Products Indonesia Sebagai National Sales Manager, Vice President Sales & Marketing Additon Karya Sembada dan saat ini di posisi Asst. Direktur Nirwana Kharima Group (Pengembang Perumahan Puri Nirwana Residences Cikarang).


Dari awal karirnya bergabung di  PT Nirwana Kharisma Group, Rahmad sukses melakukan restrukturisasi dan transformasi dengan menjadikan penjualan Puri Nirwana Residences dan Puri Mutiara Indah growth dibanding tahun 2020 dan 2021 .

Bahkan akad kredit konsumen pada Semester 1/2022 ini, disaat pertumbuhan ekonomi Indonesia diangka 5 %-an, perumahan Puri Nirwana Residences dan Puri Mutiara Indah  tumbuh sebesar 60% Persen ( y-to-y) dibandingkan dengan semester 1/2021, tertinggi juga jika dibanding semester 1/2020, adapun untuk konsumen booking, tumbuh 100 % dibanding semester satu di tahun 2021. 

Rahmad menyampaikan ada tiga hal yang selalu dia perhatikan, yaitu pengetahuan (knowledge), kecepatan (speed), dan keberanian (guts). Baginya, ketiga filosofi ini adalah kunci buat setiap pemimpin untuk mencapai tujuan. Tahapan atau pola untuk mencapai transformasi harus digerakkan oleh ketiga hal ini.

Dia mencontohkan lebih lanjut bahwa dirinya selalu mendorong dan meningkatkan speed kerja di timnya. “Saya sering bilang ke tim saya untuk menyelesaikan pekerjaan speed nomor satu dan jangan tunda- tunda pekerjaan,” katanya.

Lalu, pada sisi knowledge, dia juga ingin selalu menciptakan atmosfer kerja yang nyaman agar semua orang berani mengemukakan pendapat sehingga terjadi transfer knowledge. Menurutnya, selain dari dalam, knowledge juga bisa dipelajari dari siapa pun. “Di sinilah pentingnya knowledge,” ujarnya yakin.

Sementara itu, pada ujungnya, dia menekankan, apa pun yang sudah dirancang dan dipelajari, dibutuhkan guts untuk mengeksekusinya. “Dibutuhkan keberanian seorang leader untuk melakukan perubahan pada SDM. Ide yang gemilang hanya 20%, yang 80% adalah eksekusi. Dan, pemimpin membutuhkan orang yang sangat mengerti bidangnya serta bisa menginspirasi timnya untuk mengeksekusi,” tutupnya.
(NIK)