Oleh : M. Shalahuddin, S.S.I, M.Pd

Kepala SMAIT Nurul Fajri Cikarang Barat


Penabeksi.id - Cikarang Barat, Pagi ini kami tim SMAIT Nurul Fajri berangkat menuju Universitas Padjajaran Bandung. Kegiatan studi kampus ke berbagai universitas menjadi program SMAIT Nurul Fajri untuk memperkenalkan SMAIT Nurul Fajri sebagai sekolah baru yang berdiri tahun 2017 dan sudah terakreditasi A di tahun 2019, serta sebagai sekolah unggulan dan berprestasi di Bekasi.

kegiatan studi kampus berorientasi kepada peserta didik terhadap dunia perkuliahan. Dunia kampus diperkenalkan kepada peserta didik sejak dini agar para siswa mempunyai wawasan serta kesiapan memasuki kehidupan kampus/dunia perkuliahan, Selain itu, mereka akan mempunyai gambaran yang jelas tentang jurusan dan kampus yang dipilih setelah lulus. Studi kampus penting dilakukan untuk mengetahui kondisi pembelajaran perkuliahan di perguruan tinggi. Selain itu, kegiatan studi kampus dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan peserta didik sehingga siswa lebih siap masuk di perguruan tinggi setelah lulus SMA. Di kampus Para siswa diajak berkeliling mengamati apa saja yang ada di kampus. Setiap kota atau provinsi di Indonesia memiliki universitas ternama yang bisa menjadi lokasi tujuan kegiatan studi kampus ini. Dikarenakan kondisi pandemi saat ini, maka pihak kampus Unpad membatasi lima (5) perwakilan saja yang diizinkan berkunjung.  

Unpad menjadi tujuan kampus yang kami kunjungi, karena beberapa siswa banyak yang ingin melanjutkan kuliahnya di Universitas Padjajaran. Kegiatan pertemuan dan penyembutan di Unpad bertempat di Gedung rektorat ruang rapat lantai 2, Pertemuan diawali pembukaan seremonial sambutan dari Bapak Dandi Supriadi, S.Sos, M.A. PhD selaku Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad. Pemaparan materi yang disampaikan beliau tentang profil kampus Unpad secara lengkap, sitem jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di Unpad baik SNMPTN, SBMPTN dan SPMB mandiri serta penjelasan mengenai syarat-syarat masuk di Unpad dan sistem perkuliahan di Unpad, beliau juga memberikan penjelasan mengenai bahwa Unpad memiliki 16 fakultas, 190 prodi dan 1 sekolah pascasarjana,. Mewakili pihak sekolah kami menyampaikan ; bahwa kami sangat berterima kasih dan senang bisa diterima/diberikan kesempatan mengunjungi kampus Universitas Padjadjaran dan berharap bisa mendapatkan ilmu dan wawasan yang lebih banyak, menyampaikan pemaparan Visi Misi, keunggulan dan prestasi yang sudah dicapai sekolah, serta menyampaikan bahwa beberapa siswa kelas XII SMAIT Nurul Fajri sudah daftar SNMPTN di Universitas Padjadjaran tahun akademik 2022/2023. Di akhir acara dilakukan diskusi tanya jawab serta sesi foto bersama.

SMAIT Nurul Fajri Sebagai sekolah baru yang sudah terakreditasi A serta memiliki beberapa prestasi dan keunggulan, tentunya kami sangat berharap ada pemerataan kesempatan kepada siswa kelas XII SMAIT Nurul Fajri diterima lulus test seleksi baik lewat jalur SNMPTN/SBMPTN/SPMB mandiri di Universitas Padjadjaran Bandung.(Red)