PENABEKASI.ID - Bersyukur adalah berterimakasih (kepada Allah) atas nikmat/karunia yang telah didapatkan. Sifat bersyukur merupakan sifat yang terpuji, karena dengan bersyukur, maka hal yang disyukuri tersebut menjadi berkah dan bernilai ibadah, karena Allah menyukai hambanya yang selalu bersyukur.
     
Seperti yang terdapat dalam QS.Ibrahim ayat 7, bahwa “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” Jadi, jika kita bersyukur, maka Allah pasti akan menambah nikmatnya, tapi jika tidak bersyukur, maka Allah akan memberikan azab yang sangat pedih.
     
Dengan bersyukur, kita bisa mengingat Allah, dan dengan begitu, Allah pun akan ingat kepada kita, sebagaimana dalam QS.Al-Baqarah ayat 152, bahwa “Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.”
     
Bersyukur, tidak harus ketika mendapat kenikmatan, tapi juga ketika mendapat ujian. Seperti yang dialami nabi Ayyub, ketika mendapat ujian yang sangat berat, ia tidak mengeluh, namun tetap bersyukur dan berprasangka baik kepada Allah. Karena apa yang kita anggap buruk, belum tentu buruk menurut Allah, dan yang menurut kita baik, belum tentu baik menurut Allah.
  
Oleh karena itu, mari kita selalu bersyukur, supaya bisa mendapatkan keberkahan dalam setiap hal. Semoga kita bisa menjadi hambanya yang selalu bersyukur.
(NIK) 
Sumber : Rifqi Aunur Rahman (Siswa kelas 8 SMPIT Avicenna)