PENABEKASI.ID - Cikarang Barat, Pemandangan tak biasa terjadi di setiap sudut ruangan kelas SMAIT Nurul Fajri yang terletak di Jalan Tegala Asih No.55B, Sabtu, 12 Februari 2022. Hari itu tentunya menjadi kenangan tersendiri bagi civitas akademika SMAIT Nurul Fajri, karena untuk pertama kalinya mereka menggelar kegiatan spesial berupa sidang karya tulis ilmiah yang diikuti kurang lebih 101 siswa yang terdiri dari kelas X dan XI baik IPA maupun IPS.

Kegiatan sidang karya limiah ini merupakan agenda dari kurikulum SMAIT Nurul Fajri yang kedepannya akan menjadi agenda rutin setiap tahunnya, dan tahun ajaran 2021/2022 menjadi semester perdana launching-nya kegiatan ini. Berpakaian rapi menggunakan seragam OSIS, lengkap dengan jas almamater, dengan penuh bangga siswa-siswi secara bergilir berdiri mempresentasikan karya mereka di hadapan dewan penguji. 
Sebelumnya, mereka telah mempersiapkan karya tersebut dalam kurung waktu kurang dari dua bulan. Meskipun terbilang singkat, namun hal tersebut nyatanya tidak mengurangi effort dari semua siswa. 

Mekanisme dari pembuatan karya tulis ilmiah ini terdiri dari dua cabang ilmu, yaitu sains dan sosial. Untuk kelas 10, tugas yang diberikan yaitu berupa pembuatan produk kemudian dituangkan kedalam laporan tertulis, sedangkan kelas 11 murni pembuatan karya tulis ilmiah dengan metode penelitian. Tidak ada tema besar dalam pembuatan program karya ilmiah tahun ini, namun para siswa dituntut untuk menghasilkan ide, gagasan serta karya yang mampu menjawab tantangan masyarakat di era modern ini. 

Sidang karya tulis ilmiah ini secara seremonial dibuka oleh Bapak kepala SMAIT Nurul Fajri M. Shalahuddin, S.S.I, M.Pd. Dalam sambutannya pak sholah sangat mengapresiasi kegiatan ini untuk melatih para siswa unjuk keberanian menyampaikan dan mempertahankan ide serta gagasan dari karya tulis ilmiah yang telah disusun, serta memperlihatkan daya terampil mengintegrasikan penggunaan IT abad 21 dalam penyampaian persentasi Karya Tulis Ilmiah. 

Pagi itu, para dewan penguji dibuat takjub dengan berbagai karya siswa-siswi SMAIT Nurul Fajri, meskipun dibuat dalam proses yang cukup singkat, namun karya anak-anak tersebut dinilai sangat aplikatif. Dari kelompok sains misalnya, muncul ide-ide dan gagasan dari peristiwa erupsi Gunung Semeru yang terjadi di Bulan Desember 2021. lalu Mereka membuat analisis dampak gas panas terhadap vegetasi anggrek hijau, juga analisis populasi Lutung Jawa (Trachypitherus Auratus) di Gunung Semeru. Meskipun masih berupa draf penelitian, namun ide anak-anak tersebut sangatlah diapresisasi. Selain berkaitan dengan peristiwa bencana alam, siswa-siswi tersebut juga menguji berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari. Sebagai contoh, mereka melakukan uji efektivitas penggunaan ecoenzym untuk pencegahaan pembusukan pada apel dan tomat, pemanfaatan daun pisang untuk menghambat proses pembusukan pada tomat, efektifitas pemberian bawang putih untuk pengawetan cabai rawit hijau, serta pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil) dengan fermentasi menggunakan jamur saccharomyces cerevisiae, dan lain-lain.
Tak kalah dengan kelompok sains, tim sosial juga menyumbangkan beberapa jenis penelitian terkait lingkungan, seperti upaya meminimalisir dampak polusi udara dalam mewujudkan lingkungan hijau, upaya meminimalisir dampak banjir di Kawasan Cibitung, serta implementasi penanganan sampah plastik melalui program 3R. Beberapa siswa juga menyoroti kasus-kasus terkait permasalahan remaja seperti dampak perundungan pada siswa, dampak toxic friendship, serta upaya pencegahan kekerasan seksual di sekolah. Para siswa juga menemukan berbagai alternatif untuk membantu UMKM di Kawasan Cikarang dan Cibitung agar lebih berdaya, dan upaya-upaya menghidupkan kembali permainan tradisional yang sudah mulai hilang di kalangan anak-anak jaman sekarang, serta berbagai solusi permasalahan sosial lainnya. Tentunya, ide dan gagasan yang ditemukan anak-anak tersebut, tidak jauh dari segala permasalahan yang terjadi di sekitar mereka.

Menilik kembali tujuan dari kegiatan sidang karya tulis ilmiah ini, yaitu tak lain sebagai perwujudan konsep pendidikan pembelajaran abad 21 yang diusung oleh SMAIT Nurul Fajri menjadi sekolah unggulan dan berprestasi “Socio Religious Contextual Vertically And Or Horizontally Integrated Subject Matters And Related Technology”,. Oleh karena itu, tujuan utama pada kegiatan penulisan karya ilmiah ini yaitu melatih siswa untuk berfikir kritis dan kreatif, membuka pengetahuan mereka terhadap hal-hal baru, mengasah skill menulis dan berkomunikasi, kepercayaan diri, serta melatih para siwa agar lebih peka terhadap permasalahan yang muncul di sekitar mereka. Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi ajang penemuan bakat-bakat muda yang dapat memberikan solusi aplikatif kepada masyarakat baik hari ini, maupun di masa yang akan datang.
(NIK) 
sumber : Elisa Linda Yulia, S.Sos ( Guru Sosiologi SMAIT Nurul Fajri Cikarang Barat )