PENABEKASI.ID - BEKASI, Nahdlatul ulama pada gelaran Muktamar ke-34 di Lampung tanggal 23-25 Desember 2021 manghasilkan satu pemimpin yaitu KH Yahya Cholil Staquf.

Setelah melalu sidang pleno IV pada Jumat  24 Desember 2021, dan melakukan pemungutan juga penghitungan suara peserta Muktamar ke-34.

Secara sah KH Yahya Cholil Staquf Terpilih menjadi Ketua Umum PB NU periode 2021-2026, setelah memperoleh suara sebanyak 337, dan mengalahkan Prof.Dr. KH. Said Aqil Siroj, Ma. dengan perolehan suara 210.
di ketahui pula bahwa KH Yahya Cholil Staquf atau yang sering di sapa Gus Yahya tersebut adalah alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Yogyakarta semasa ia berkuliah di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta fakultas ilmu sosial dan ilmu politik.

Pria kelahiran Rembang, Jawa Tengah, 16 Februari 1966, merupakan putra dari KH Muhammad Cholil Bisri, pengasuh Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin di Leteh, Rembang, Jawa Tengah. 

Selain pernah menjadi anggota dewan pertimbangan presiden (watimpres), Gus Yahya juga pernah menjadi juru bicara presiden saat KH Abdurrahman Wahid menjabat presiden.

dan masih banyak lagi prestasi yang di emban KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya secara politik maupun organisasi.(zan)