PENABEKASI.ID - KOTA BEKASI, Menghafal Al-Qur’an belakangan ini menjadi trend dan habbit generasi muda Indonesia. Banyaknya metode-metode dan trik serta tips menghafal Al-Qur’an menjadi bukti naiknya rating menghafal Al-Qur’an. Tidak menutup kemungkinan, Perkembangan pesat program dan metode menghafal berbasis teknologi saat ini padat memenuhi ruang-ruang belajar, baik di tingkat sekolah, lembaga-lembaga Al-Qur’an nonformal, dan halaqah-halaqah Qur’an di ranah masyarakat.

SMPIT AVICENNA BEKASI sebagai sekolah yang berbasis islam menyediakan beberapa program-program guna menunjang pembelajaran Al-Qur’an siswa/i di sekolah. Dari program muraja’ah bersama, talaqqi, takhassus, dan acara seminar Al-Qur’an. Sabtu (27/11/2021) 

SMPIT AVICENNA BEKASI mengundang salah satu putra terbaik Al-Qur’an Indonesia Ust. Saihul Basyir, Lc, al-Hafidz dalam kegiatan seminar Al-Qur’an bertema Tips Semangat Menghafal dan Senang Muraja’ah yang di ikuti oleh seluruh siswa/i kelas 9 sebagai pembekalan dalam menyambut program Syahadah Akbar di Januari 2022. 

“Anak-anakku yang di muliakan Allah. Janganlah kalian sesekali merasa bosan dengan Al-Qur’an. Karena Insya Allah, orang-orang yang selalu bersama Al-Qur’an akan senantiasa Allah tuntun masa depannya.” Ucap Ustadz Abdul Qadir, S.Ag selaku kepala SMPIT AVICENNA BEKASI pada sambutannya.

Dalam materinya, Ust. Saihul Basyir, Lc, al-Hafidz memberikan lima tips sederhana dalam menghafal, diantaranya adalah ; 1. Saat menghafal jangan fikirkan yang lain kecuali Al-Qur’an 2. Letakkan Al-Qur’an pada posisi yang tinggi (sejajar dengan kedua mata) 3. Keraskan suara saat menghafal dan mengulangnya 4. Ulang ayat yang dibaca minimal sepuluh kali 5. Berdoa semoga Allah berikan kemudahan.
Sepanjang materi yang disampaikan, siswa/i peserta Seminar Al-Qur’an aktif mendengarkan dan mencatat nasihat Qur’ani yang pemateri sampaikan. 

Beberapa siswa bahkan dewan guru juga aktif bertanya kepada pemateri tentang bagaimana solusi yang harus dilakukan untuk siswa/i agar mampu mempunyai hafalan dengan predikat mutqin. 
Tim Guru Al-Qur’an berharap, semoga dengan acara seminar ini siswa/i semakin termotivasi lagi untuk menyelesaikan target-target hafalannya. “Acara seperti ini tentu sangat bermanfaat untuk siswa/i, banyak treatment baru untuk menambah semangat mereka dalam menghafal Al-Qur’an” Kata Abdul Salam, S.Pd.I, salah satu guru Al-Qur’an SMPIT AVICENNA
(NIK)