Pemateri Diskusi Karang Taruna Sub Unit 005 RW 012 Arenjaya

PENABEKASI.ID - BEKASI, Dengan tema seberapa penting dan rumitnya Berorganisasi, yang menghadirkan 3 pemateri diskusi yakni, Syamsul Martha Nugraha, S.Kom (Pengurus KAHMI Bekasi & Mantan Koordinator BEM Nusantara), Suganda Nahampun, SE. (Koordinator DPP LAMI), Gorby Saputra (Presidium Bocah Angon), dimoderatori oleh Rifqy, dihadiri oleh Bayu (Ketua Karang Taruna Sub Unit RT 005 Aren Jaya) dan dihadiri oleh 18 peserta (22/8/2021).

Suatu hal yang langka dalam keadaan seperti ini ( Pandemi ) suatu Perkumpulan Pemuda/i mengadakan diskusi perihal Organisasi.

Diskusi ini dimulai dengan pemaparan mengenai "Seberapa Penting Dan Rumitnya Berorganisasi" yang telah dijalankan oleh Karang Taruna Sub Unit 005 Aren Jaya.

Diskusi ini dimulai oleh Rifqy selaku moderator untuk membuka diskusi dengan menjelaskan Menurut Gibson organisasi merupakan wadah yang memungkinkan masyarakat mencapaikan hasil yang sebelumnya tidak dapat dicapai individu-individu secara sendiri.

Hakikat organisasi

- kumpulan individu2 atau kerja sama untuk mencapai dan menjalankan visi misi

- Memiliki tujuan yang sama

- Koordinasi agar memudahkan untuk penyelenggaraan tujuan

Organisasi memiliki struktural, memiliki tujuan yang sama dan jelas

Secara tanpa kita sadari bahwa kita itu sudah melakukan organisasi disetiap kehidupan kita, kita di keluarga, lingkungan masyarakat pun kita sudah berorganisasi.

Lebih lanjut menurut Syamsul menjelaskan Tujuan di setiap organisasi berbeda-beda. Dalam pandangan masyarakat juga berbeda-beda ada yg menilai nya organisasi itu positif dan ada yg menilai negatif. Tujuan organisasi yang berhubungan dengan lingkungan hidup untuk merubah stigma menjadi yg lebih baik lagi. Organisasi tidak harus di dalam lembaga resmi, organisasi pun bisa dibuat dari sesuai hobi,dll dan memiliki tujuan, ada yg tujuan nya baik dan ada yg tujuannya dinilai tidak baik. Berorganisasi itu penting untuk mendewasakan manusia agar berjalan dengan teratur. Untuk membentuk organisasi itu mudah tetapi yg sedikit rumit itu merawat nya, karena di organisasi pasti ada tantangannya.

Lebih lanjut menurut Suganda Organisasi itu dibentuk untuk hal positif dan untuk memiliki atau kekuasaan. Organisasi itu sebagai alat untuk silaturahmi dan saling bertukar pikiran,untuk melatih mental, kedewasaan pada diri kita. Untuk anak muda jangan takut untuk di bodohi dan untuk bergerak,karena semakin sering kita dibodohi kita semakin paham dan tau celah.

Sehebat-hebatnya pemimpin ketika mereka tidak menghargai kepada seorang pejuang kemerdekaan maka negara mungkin akan selalu diberi masalah di dalam organisasi.

Lebih lanjut menurut Gorby Dengan adanya organisasi dari organisasi lingkungan seperti karang taruna itu bisa dijadikan wadah untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar bagi anak muda yg masih sekolah yang ingin berorganisasi tetapi bingung ingin kemana. Di setiap organisasi butuh sesosok figur untuk menyatukan individu menjadi suatu perkumpulan yang bermanfaat.

Lalu Maja pun memberikan pandangannya tentang organisasi bahwa organisasi itu sebuah wadah dari sebuah perbedaan - perbedaan di setiap individu yang akan menjadi suatu kesatuan. Ketika kita masuk ke dalam organisasi harus tau aturan main agar kita menjalani nya dengan teratur.

Irdia Bushori memberikan pandangannya tentang organisasi bahwa Organisasi harus memiliki sumber nilai dan berubah bentuk menjadi tradisi atau adat istiadat yg baik dan dari tradisi ini berubah menjadi budaya/perilaku. Di dalam negeri kita untuk mengajak organisasi seringnya mengajak organisasi pragmatis dan sangat jarang sekali yg idealis.

Lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari beberapa peserta yakni, Bagaimana langkah melakukan kaderisasi yang baik agar organisasi dapat mencapai visi & bahkan dapat membuat organisasi lebih berkembang? 

"Pemimpin cerdas berterima kasih kepada yg mengkritik nya. Organisasi harus memberikan contoh dan prestasi yang baik. Organisasi harus menyesuaikan keinginan dari SDM tersebut" Jawab Syamsul.

Suatu organisasi perlu pengembangannya untuk dapat menghadapi likungannya yang terusberkembang, bagaimana arah langkah pengembangan organisasi tersebut?

"Harus bisa menilai dan menindaklanjuti perkembangan lingkungan dan diselingi dengan kultur dan modern. Kita harus memberikan edukasi terhadap lingkungan agar terus maju sesuai dengan perkembangan jaman" Jawab Gorby.

Ketika anak muda mempunyai ide,gagasan atau program lalu mereka menyampaikan kepada ketua atau atasan dan mereka yg d atas ini bukannya membuat anak muda untuk terus belajar,berproses,dan berkreasi tetapi malah membuat anak muda menjadi bingung bahkan mungkin bisa sampai mematahkan semangat anak muda,bagaimana cara menyikapi hal tersebut?

"Ketika ada generasi muda ingin mencapai target kalangan atas mengamankan posisinya mereka. Caranya dengan teknik lobi,teknik komunikasi dan tujuan nya tidak untuk menjatuhkan siapapun" Ujarnya. (SMN)