PENABEKASI.ID - KOTA BEKASI, Kwartir adalah suatu badan pengelola Gerakan Pramuka yang mempunyai tugas pokok pembinaan kepada Kwartir, Satuan dan Gugus depan dalam pengembangan Gerakan Pramuka untuk mencapai tujuannya. Kwartir dalam istilah kepramukaan yang merujuk pada satuan organisasi yang mengelola Gerakan Pramuka yang dipimpin secara kolektif oleh para andalan (istilah untuk pengurus kwartir). Kwartir memiliki tingkatan yang disesuaikan dengan tingkat/wilayah pemerintahan dari pusat sampai daerah.

Kepengurusan Kwartir dijalankan oleh pengurus Kwartir yang disebut dengan Andalan. Dalam melaksanakan tugas-tugasnya andalan dibantu oleh Staf Kwartir. Staf Kwartir adalah karyawan Gerakan Pramuka yang diberi imbalan (gaji). Selain daripada pengurus, Kwartir di per jajarannya serta memiliki Majelis Pembimbing. Majelis Pembimbing bertugas untuk memberikan arahan, bimbingan dan bantuan dari segi moril dan materil. Anggota Majelis Pembimbing terdiri dari tokoh pramuka, tokoh masyarakat dan atau orang tua peserta didik.
Kwarcab Kota Bekasi yang pasa 20 Mei kemarin berusia 24 tahun dalam waktu dekat akan menggelar Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kota Bekasi, dimana memiliki agenda penting yaitu melaporkan Pertanggungjawaban Pengurus masa bakti 2016-2021, menyusun dan mengesahkan Program kerja Masa Bakti 2021-2026, dan memilih Ketua Masa Bakti 2021-2016 serta Formatur untuk menyusun kepengurusannya.

Saat ini Ketua Kwarcab Geraka Pramuka di Pimpin Oleh Kak Dr.H.Rahmat Effendi, dalam kepemimpinan beliau Gerakan Pramuka sangat terasa kemajuannya baik secara prestasi maupun fasilitas, seperti Kwarcab Kota Bekasi didapuk mendapat prestasi Kwartir Cabang Tergiat ke-3 se Jawa Barat, dan Kwarcab Kota Bekasi memiliki Bumi Perkemahan yang representatif untuk pelaksanaan pembinaan dan pendidikan.

Harapannya, Ketua Kwarcab Kota Bekasi yang baru nanti akan mampu menjaga prestasi yang baik serta mampu meningkatkannya. Mengingat Kak Dr.H.Rahmat Effendi yang juga sebagai Wali Kota Bekasi sudah 2 kali masa bakti memimpin Kwarcab Kota Bekasi, sehingga sesuai dengan aturan yang ada tidak dapat dipilih kembali.

Pada kesempatan Halal Bi Halal Purna Anggota Dewan Kerja Bekasi (PADK Bekasi Raya) sebagai organisasi Reuni Para Purna Dewan Kerja Penegak Pandega, (20/5/2021) Koordinator Presidium PADK  Kak Hilaluludin Y dan Sekretaris PADK Endar Hifdzuddin.M ketika disinggung tentang Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kota Bekasi yang akan segera dihelat,  mereka menyampaikan bahwa PADK dalam posisi hanya sebagai pemerhati tidak dapat ikut campur dalam proses perhelatan Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kota Bekasi, namun PADK melihat bahwa kandidat bakal calon pada saat ini yang memiliki integritas dan kapabilitas adalah Kak Ade Puspita yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Kwarcab Kota Bekasi Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana, namun  PADK menyerahkan semuanya kepada Kwartir Ranting sebagai pemilik suara pada Muscab nanti, dengan dinamika yang terjadi nanti. Ade Puspita merupakan tokoh Muda Bekasi yang teruji secara organisasi, harapannya Beliau akan mampu membawa Gerakan Pramuka Kota Bekasi semakin maju dan berprestasi.

PADK pun mengungkapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kak Dr.H.Rahmat Effendi atas teladan dan prestasi dalam kepemimpinan sebagai Ketua Kwarcab Kota Bekasi 2011-2016 dan 2016-2021.

Pamungkas dikatakan oleh 2 orang Nahkoda PADK Bekasi Raya ini, siapapun yang terpilih sebagai Ketua Kwarcab Kota Bekasi, wajib dan harus berintegritas kepada Gerakan Pramuka di Kota Bekasi sebagai organisasi pembinaan karakter bagi generasi bangsa.