Penabekasi.id - Sumedang, Rabu, 27 Januari 2021 HMI Komisariat Insan Cita Cabang Bekasi bersama FKWT Satgas Covid19 trias menyalurkan bantuan untuk korban Longsor tepatnya di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang Jawa Barat yang terjadi pada tanggal 19 januari 2021 lalu.

Bantuan yang di berikan berupa pakaian, obat-obatan, kebutuhan bayi, mie instan, dsb. Bantuan tersebut diharapkan agar dapat membantu meringankan korban.

Khaqim mengatakan "allhamdulillah, bantuan yg kami galang bersama kawan-kawan komisariat dan dibantu dengan tim Satgas Covid FKWT Trias akhirnya dapat kami salurkan langsung ke lokasi bencana. Hanya saja, kami tidak dapat berinteraksi dengan korban karena waktu sudah malam. Mudah-mudahan bantuan tersebut dapat meringankan korban dan dapat di gunakan sebaik-baiknya"

Bantuan yang disalurkan tersebut direspon baik oleh Anggota BNPB yang masih bersiap siaga di Posko gabungan yang berada di SMAN Cimanggu. 

Salah satu satuan dari BNPB mengatakan "bahwa warga sudah di alokasi kan ke pengungsian sementara saat ini, dan sedang melakukan pemulihan pasca bencana. Terakhir beliau juga menyampaikan bahwa surat tugas mereka sampai tanggal 29 Januari, akan tetapi  perihal tersebut belum dapat dipastikan. kemungkinan akan di perpanjang karena masih dalam tahap pemulihan korban bencana".

Menurut kesaksian warga "akibat hujan terus menerus dengan intensitas tinggi yang dan kondisi tanah tidak stabil menyebabkan tebing kurang lebih tingginya 25 meter dan panjang 40 meter tersebut ambruk dan menimpa pemukiman warga setempat dan memakan korban jiwa, tercatat sebanyak 40 korban meninggal yang sudah ditemukan”. Kata salah seorang warga diwilayah tersebut. (Nik)