PENABEKASI, TARUMAJAYA - Lokasi Sungai Jingkem Desa Samudera Jaya Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi. Keindahan matahari senja menembus celah-celah lebatnya hutan mangrove di bibir pantai sungai jingkem yang terletak di kampung sembilangan Desa Samudera jaya kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. 


Hutan mangrove ini sangat indah dan masih alami. Inilah paras cantik Bekasi yang warganya sendiri mungkin masih banyak yang belum mengetahui. Soal pemandangan, hutan mangrove ini bak seperti surga. Tanpa ada polusi, lalu lalang orang lain hingga suara kendaraan, benar-benar serasa di alam liar.


Saung-saung berteduh yang rata-rata berukuran 3×4 meter persegi itu ada yang merupakan spot kuliner, ada yang berisi spot foto, mushala, atau hanya saung kosong untuk berkumpul menikmati pemandangan rimbunnya mangrove yang menghijau dan menikmati angin segar yang berhembus. Di saung-saung inilah para wisatawan keluarga menikmati suasana, beristirahat setelah berkeliling dengan perahu menyusuri pesisir laut utara Bekasi, makan bersama, ngobrol-ngobrol santai, foto-foto bersama dan berbagai kegiatan bersama lainnya. 


Teduhnya suasana yang dilindungi rimbunnya mangrove dan segarnya tiupan angin laut menjadikan Sungai Jingkem menjadi alternatif destinasi wisata mangrove di pesisir Bekasi yang cocok untuk tipe wisatawan keluarga.


Untuk menikmati asrinya hutan mangrove disini kita wajib menggunakan perahu. Yang jelas, berada di tengah hijaunya rerimbunan hutan mangrove ini sangat menyenangkan. Kita tinggal sewa perahu milik masyarakat setempat dengan harga terjangkau. Setelah itu perjalanan yang penuh sensasi menyusuri hutan mangrove menjadi milik Kita. (RG/AIB)