PENABEKASI.ID - BEKASI TIMUR, Terkait langkah menekan penyebaran, Pemerintah terus mencoba berupaya menerapkan Langkah untuk memutus mata rantai penularan melalui sistem new normal, edukasi dan sosialisasi serta berusaha melakukan kampanye untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain dengan meningkatkan kapasitas pemeriksaan, pemerintah juga melakukan pelacakan mereka yang terinfeksi.


Kewaspadaan tetap harus dijaga karena selama masih ada sumber penularan dan masih ada orang yang rentan maka potensi wabah selalu ada, apalagi belum ada vaksin yang efektif untuk Covid-19 ini. Dan sangat mungkin juga kita kontak dekat dengan orang tanpa gejala saat di kendaraan umum misalnya di terminal, di stasiun, di area istirahat, dipasar atau Mall atau di tempat-tempat umum lainnya.


New normal adalah skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi. Pemerintah Indonesia telah mengumumkan rencana untuk mengimplementasikan skenario new normal dengan mempertimbangkan studi epidemiologis dan kesiapan regional. 


Di beberapa daerah khususnya Kota Bekasi telah siap membuka kembali pusat-pusat perbelanjaan atau mall. Tetapi semua tetap dilakukan sesuai peraturan dengan ketetapan dan keputusan Pemerintah, tanggal buka dan jam buka kembali sesuai dengan kondisi asalkan tidak melanggar jadwal. 


Seperti pada saat ini dimulai tanggal 02 juni 2020, BTC Mall yang terletak di wilayah Bekasi timur sudah mulai melakukan aktifitasnya Kembali. 


Pada setiap akses pintu masuk dijaga pula oleh pihak keamanan dan disediakan thermometer pengukur suhu tubuh. Semua karyawan mall dan karyawan tenant serta pengunjung wajib memakai masker. 


Selain itu, disiapkan hand sanitizer di beberapa akses dan juga area yang menjadi area umum. Lalu mengatur jarak dan memberikan tanda agar konsumen mengikuti tata cara physical distancing bilamana ada antrean baik di lift maupun di excalator dan di area lainnya.


Mengatur juga tempat duduk khususnya di area food court, para tenant juga diminta melakukan re-arrange peletakan meja dan kursi sehingga ada jarak, Para tenant lainnya juga diminta mengatur tata cara agar ada physical distancing sesuai dengan kategori bisnis yang dijalankannya. Misalnya untuk area kasir, detail pelaksanaannya akan dilakukan di masing-masing tenant. 


Untuk diketahui bahwa dari pihak BTC Mall selama new normal secara rutin melakukan pembersihan terhadap gedung dan semua sarana gedung serta peralatan yang digunakan. Demikian pula pihak tenant untuk rutin melakukan pembersihan terhadap ruang sewa para tenant, baik untuk kebersihan produk maupun kebersihan ruang sewa. 


Harapan kedepannya sekarang bagaimana sektor ekonomi saat ini dapat lebih ditingkatkan Kembali, karena apapun program kita tanpa kekuatan ekonomi semua tidak akan berjalan. 


Untuk menciptakan ini semua yaitu dengan diadakannya Kerjasama dari pihak Pemerintah khususnya Kota Bekasi dengan para Pengusaha dan yang paling terpenting juga adalah para Masyarakat selalu sadar akan bahaya COVID 19. 


Artinya kita semua harus berupaya untuk mengatasi kondisi ini, "dengan tidak merasa ketakutan yang berlebihan serta menjalani aktivitas sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah" Ujar  Direktur Operasional BTC Mall, Bapak H Agus Salim.
 (RG/AIB)