PENABEKASI.ID - BEKASI, Akhir-akhir ini obat generik dexamethasone mendapat sorotan dari publik global lantaran dinilai mampu sembuhkan pasien penderita Covid-19 yang sudah akut.


Berdasarkan hasil informasi yang dihimpun Dexamethasone merupakan jenis obat generik yang masuk dalam golongan kortikosteroid sintetik anti-inflamasi.


Jenis obat ini banyak digunakan untuk berbagai penyakit seperti artritis (radang sendi), lupus, psisoriasis (radang kulit kepala), alergi, colitis ulcerative (radang usus kronis) hingga gangguan pernapasan.


Info terakhir menyebutkan bahwa uji coba penggunaan obat ini kepada pasien CORONA yang parah di Negara Inggris menunjukkan hasil yang baik.


Peneliti dari Universitas Oxford melaporkan dexamethasone bisa menurunkan tingkat kematian pasien yang menggunakan ventilator hingga ⅓ kali dan ⅕ kali pada pasien yang menggunakan tabung oksigen.


"Ini merupakan studi pertama yang menunjukkan bahwa tingkat kematian bisa diturunkan pada pasien yang membutuhkan oksigen maupun yang sedang menggunakan ventilator" kata Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus.


"Ini adalah kabar gembira dan saya menyampaikan ucapan selamat kepada pemerintah Inggris dan Universitas Oxford dan kepada rumah sakit serta pasien di Inggris yang sudah terlibat dalam dalam terobosan saintifik penyelamat hidup ini" tambahnya.


Menurut berbagai studi satu dari enam penderita Covid-19 mengalami kesulitan untuk bernapas. Sebanyak 40% yang mengalami kesulitan bernapas juga mengalami Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS). ARDS ini lah yang menjadi pemicu semakin parahnya kondisi pasien Corona dan dapat berujung pada kematian. 

Meski begitu pembelian obat tersebut harus dapat resep dari dokter agar tak terjadi efek samping yang serius.(Red)