penabekasi.id (2/3/2020)__ Pentingnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar adalah satu bentuk kewajiban. Dimana pasca banjir yang terjadi di beberapa titik yang ada di Kota Bekasi menjadikan kepekaan warga semakin meningkat.

Maka dari itu Tim Ecovillage bersama Dinas Lingkungan Hidup membentuk pengurus kelompok peduli lingkungan. Kali ini tepat di Lingkungan RT 007 RW 007 acara tersebut diselenggarakan (2/3).
Pemerintah Provinsi jawa barat terus melakukan inovasi dan kolaborasi dalam percepatan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan berbasis lingkungan serta tata ruang yang berkelanjutan melalui peningkatan konektivitas wilayah dan penataan daerah untuk mewujudkan jawa barat juara lahir batin (JABAR JUARA). Salah satu upaya akselerasi perwujudan JABAR JUARA yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, yaitu dengan gerakan Ecovillage.
Ecovillage merupakan upaya optimalisasi penyebarluasan prinsip berbudaya lingkungan untuk memotivasi masyarakat untuk melakukan suatu gerakan budaya dan perubahan perilaku ramah lingkungan. Kolaborasi yang sering dilakukan kader ecovillage dengan instansi pendidikan dengan melakukan pendidikan lingkungan yang berkelanjutan. Kampung percontohan ecovillage yang telah terbentuk terus didorong melakukan pengelolaan lingkungan terpadu untuk menjadi kampung berbudaya terhadap lingkungan.

"Semoga pembentukan Pengurus ini membuat desa/Kelurahan berbudaya terhadap lingkungan" Ujar Aboy Irfansyah selaku Ketua terpilih. (Red)