Wisata Danau Cibeureum di Lambang jaya Bekasi Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah lambang jaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.
Kota bekasi juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah wisata Danau Cibeureum di Lambang jaya Bekasi Jawa Barat ini. wisata Danau Cibeureum di Lambang jaya Bekasi Jawa Barat ini merupakan obyek wisata yang di gemari oleh masyarakat bekasi dan sekitarnya.Sebagian danau ini terletak Desa Lambang Sari dan separuhnya lagi berada di Desa Lambang Jaya. Keduanya berada di bawah wilayah administratif Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Situ Cibeureum merupakan danau yang terbentuk secara alami. Lokasi danau berada di atas tanah dengan kontur cekung. Bentuk tersebut menyebabkan survis retation yaitu keadaan dimana air tertahan di permukaan karena adanya lekukan. Lekukan tersebut terjadi akibat kikisan air hujan di atas tanah berkarakter liat namun menyerap sekaligus menahan air. luas Danau Cibeureum mencapai 38 hektar. Danau tersebut juga merupakan salah satu penopang kehidupan masyarakat. Banyak warga menggantungkan hidup dengan mencari ikan atau kangkung di danau.

Selain itu Situ Cibeureum juga merupakan sumber irigasi pertanian warga. Tetapi memasuki tahun 1990 luas tersebut menyusut akibat pembangunan Perumahan Grand Wisata. Saat ini luas danau hanya tersisa 2 hektar. Kedalaman Situ Cibeureum juga semakin berkurang. Hal ini menyebabkan danau kering kerontang saat kemarau panjang. Di tengah danau terdapat gundukan tanah kecil yang ditumbuhi rumput. Bagian tersebut juga ditumbuhi sebatang pohon sehingga tampak seperti pulau yang dikelilingi hamparan air tawar. Meski luasnya semakin menyempit, Danau Cibeureum tetap menjadi salah satu lokasi pemancingan favorit.


Di dalam danau memang banyak terdapat ikan air tawar seperti ikan mujair, ikan gabus, ikan tawes, ikan keting, dan sebagainya. Selain itu, situ tersebut juga menjadi salah satu destinasi wisata di daerah Tambun Selatan. Biasanya danau ramai dikunjungi saat akhir pekan atau pada hari libur.

Salah satu daya tarik yang membuat danau di Kabupaten Bekasi tersebut banyak dikunjungi adalah legenda siluman buaya putih. Konon siluman tersebut menghuni kerajaan makhluk halus yang ada di dasar danau. Beberapa pekerja yang membangun perumahan di sekitar danau menuturkan bahwa mereka pernah melihat buaya putih. Warga sekitar juga mengatakan hal serupa. Kisah-kisah inilah yang membuat banyak orang penasaran sehingga datang berkunjung.

Dimana lokasi wisata Danau Cibeureum di Lambang jaya Bekasi Jawa Barat ? seperti yang tertulis di atas lokasi wisata Danau Cibeureum di Lambang jaya Bekasi Jawa Barat terletak di desa lambang jaya, Kecamatan tambun selatan, Kabupaten bekasi, Provinsi jawa barat.